0
  CONTACT US by WHATSAPP
Macam Alat Safety Kapal
01
Feb
5 Macam Alat Safety Kapal Laut
Feb 01, 2021By Velasco Indonesia

Setiap perjalanan memiliki risiko kecelakaan, termasuk perjalanan menggunakan kapal laut. Baik itu kapal kecil, kapal wisata, kapal tanker, kapal kargo, apa pun jenis kapalnya, semuanya berpotensi mengalami kecelakaan. Salah satu cara meminimalisir dampak buruk kecelakaan kapal adalah dengan memiliki berbagai macam alat safety kapal, seperti yang dijual PT Velasco Indonesia Persada.

Ada banyak macam alat safety kapal, sebab ada banyak macam pula kecelakaan. Misalnya ada kecelakaan yang melibatkan sedikit orang dan dapat ditangani dengan sekedar melemparkan ban pelampung. Ada juga kecelakaan yang melibatkan api sehingga harus ada alat pemadam kebakaran. Lalu ada juga kecelakaan yang cukup parah sehingga harus evakuasi seluruh penumpang, dan masih banyak lagi skenario kecelakaan yang bisa terjadi.

Untuk setiap skenario kecelakaan tersebut, sudah disiapkan berbagai macam alat safety kapal untuk mengatasinya supaya kerugian dapat diminimalisir. Ada regulasi internasional yang mengatur semua itu, yaitu SOLAS alias Safety of Life at Sea. Regulasi SOLAS mencantumkan persyaratan alat keselamatan kapal seperti apa yang ideal dan harus diikuti semua kapal yang berlayar di laut, agar dapat terhindar dari kecelakaan. 

Alat Safety Kapal: Alat Pelampung

  • Life jacket atau jaket pelampung atau life vest.
  • Life jacket whistle yaitu peluit yang melekat pada jaket pelampung untuk memberi sinyal suara.
  • Life jacket light yaitu lampu yang melekat pada jaket pelampung untuk memberi sinyal berupa cahaya.
  • Life buoy atau ring buoy yaitu ban pelampung kapal.
  • Ring Buoy Light  alias lampu yang melekat pada ban pelampung dan akan otomatis menyala saat terendam air laut.

Alat Safety Kapal: Alat Piroteknik

Alat piroteknik memiliki kemampuan untuk menghasilkan cahaya atau asap, fungsinya sebagai alat keselamatan adalah untuk memberikan sinyal darurat saat terjadi kecelakaan kapal.  

Berikut ini beberapa contoh alat keselamatan kapal piroteknik.

Alat Safety Kapal: Kapal Penolong atau Kapal Evakuasi

Alat Safety Kapal : Alat Pemadam Kebakaran

Kebakaran juga bisa terjadi di kapal, karena itu alat pemadam kebakaran juga harus ada di kapal. Mulai dari api kecil hingga api besar, harus bisa dipadamkan dengan baik agar tidak menjalar dan menjadi fatal. Contohnya adalah sebagai berikut:

Alat Safety Kapal Lainnya

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat keselamatan kapal. Kami jual alat piroteknik seperti man over board, smoke signal, parachute signal. Velasco Indonesia juga melayani pembelian ring buoy, rescue boat, life jacket atau jaket pelampung, life jacket light, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta.

Kami juga menjual alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang dan wire rope dengan pelayanan terbaik. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com