0
  CONTACT US by WHATSAPP
Distributor rocket parachute signal
04
Apr
Distributor Rocket Parachute Signal
Apr 04, 2018By Velasco

Rocket parachute signal adalah salah satu perlengkapan keselamatan kapal yang berfungsi untuk meluncurkan sinyal berupa flare merah saat kondisi darurat. Sinyal tersebut bertujuan untuk memberi tanda bahwa di titik itu ada yang membutuhkan pertolongan. PT Velasco Indonesia Persada merupakan distributor rocket parachute signal terbaik dengan merk Good Brother yang dilengkapi sertifikat.

Rocket parachute signal juga merupakan alat piroteknik, yaitu alat yang disusun dari campuran berbagai material untuk menghasilkan reaksi kimia berupa panas, nyala api, gas, asap dan suara. Pada kapal, alat seperti ini pada umumnya dipakai untuk mengirim sinyal tanda bahaya. Selain rocket parachute signal, masih ada beberapa contoh alat piroteknik lain untuk kapal. Beberapa diantaranya adalah man overboard, line throwing, red hand flare, serta smoke signal.

Rocket parachute signal mengeluarkan flare berwarna merah terang, seperti pada red hand flare. Bedanya adalah pada rocket parachute signal, flare tersebut dilemparkan ke langit (seperti roket) hingga menjulang tinggi. Fungsinya pun sama seperti red hand flare, yaitu untuk memberikan tanda bahaya pada kapal terdekat atau pesawat penyelamat bahwa ada yang membutuhkan bantuan di titik tersebut.

Dibandingkan dengan red hand flare, alat ini memiliki kelebihan yaitu dapat memberikan sinyal yang sangat tinggi sehingga kemungkinan untuk dilihat oleh kapal lain atau regu penyelamat dapat lebih tinggi. Namun kekurangannya adalah masa waktu flare menyala lebih singkat yaitu hanya selama 40 detik dengan intensitas cahaya sebesar 30.000 cd.

Sama seperti alat keselamatan lain, penggunaan rocket parachute signal juga diatur pada regulasi Safety of Life at Sea atau lebih dikenal dengan SOLAS. Berdasarkan ketentuan yang tercantum pada SOLAS chapter III regulation 26, rocket parachute signal yang dipakai harus memenuhi kriteria sebagai berikut:

  • Minimal ketinggian rocket flare saat dioperasikan adalah 300 m.
  • Parasut harus dapat diaktifkan secara otomatis saat flare sudah mencapai titik tertinggi
  • Flare harus menyala minimal 40 detik dengan intensitas cahaya 30.000 cd.
  • Rata-rata waktu tempuh untuk jatuh ke bawah saat parasut sudah terbuka minimum 5 m / detik.
  • Parasut tidak boleh terbakar saat flare masih aktif.

Sebaiknya sediakan rocket parachute signal dalam jumlah banyak agar dapat terus memberi sinyal apabila belum menerima pertolongan.

Sebagai salah satu alat keselamatan pada kapal, maka Anda wajib membeli alat ini dari distributor rocket parachute signal yang terpercaya. Agar kualitasnya bisa dijamin, pastikan rocket parachute signal yang dibeli memiliki sertifikat agar dapat dipertanggung jawabkan.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor rocket parachute signal dengan dengan pelayanan terbaik. Kami jual rocket parachute signal dan alat piroteknik lainnya dengan merk Good Brother disertai sertifikat untuk menjamin kualitas dan keasliannya. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com atau whatsapp. Atau lihat produk kami lainnya di sini.