Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

alat pemadam api

Pengertian  APAR (Alat Pemadam Api Ringan) ialah alat pemadam kebakaran yang ringan serta mudah dilayani untuk satu orang guna memadamkan api/kebakaran pada mula terjadi kebakaran (definisi berdasarkan Permenakertrans RI No 4/MEN/1980 tentang Syarat-syarat Pemasangan dan Pemeliharaan Alat Pemadam Api Ringan).

Cara Pakai APAR (Alat Pemadam Api Ringan) / Tabung Pemadam Kebakaran :

  1. Tarik/Lepas Pin pengunci tuas APAR / Tabung Pemadam.
  2. Arahkan selang ke titik pusat api.
  3. Tekan tuas untuk mengeluarkan isi APAR / Tabung Pemadam.
  4. Ayunkan atau sapukan secara merata sampai api padam.

Bagian-bagian APAR

Hal yang perlu diketahui dalam penggunaan APAR :

  1. Perhatikan arah angin (usahakan badan/muka menghadap searah dengan arah angin) supaya media pemadam benar-benar efektif menuju ke pusat api dan jilatan api tidak mengenai tubuh petugas pemadam.
  2. Perhatikan sumber kebakaran dan gunakan jenis APAR yang sesuai dengan klasifikasi sumber kebakaran

Jenis-jenis APAR

APAR terdiri dari 4 jenis,dan satu sama lain gunanya berbeda menurut tergantung dari klasifikasi kebakarannya.

  1. APAR jenis dry chemical powder [tepung kimia kering] :berguna untuk kebakaran klasifikasi A , B ,C
  2. APAR jenis foam [busa] :berguna untuk kebakaran klasifikasi B
  3. APAR jenis Co2 [carbon dioxida] :berguna untuk kebakaran klasifikasi C
  4. APAR jenis hallon :berguna untuk kebakaran klasifikasi D

Yang paling efesien dan efektif serta banyak digunakan oleh masyarakat adalah jenis APAR Dry Chemical Powder [tepung kimia powder],karena dapat digunakan segala jenis kebakaran. Baik kebakaran karena bahan-bahan yang mudah terbakar atau kebakaran karena bahan-bahan minyak, maupun kebakaran yang disebabkan oleh arus listrik.

Untuk kebakaran yang dikarenakan arus listrik, anda dilarang untuk menyiram dengan air,karena air merupakan penghantar arus listrik yang baik jadi dapat membahayakan diri anda.selain APAR,pasir pun dapat menjadi alat pemadam api,karena pasir dapat memutuskan segitiga terjadinya api,yaitu bahan bakar,panas dan oksigen.Proses terjadinya api adalah karena adanya bahan bakar,panas dan oksigen,kita dapat memadamkan api dengan cara memutuskan salah satunya dan pasir memutuskan oksigen didalam proses terjadinya api.

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier APAR kapal di jakarta dan juga menjual fire hose, fire blanket, baju pemadam kebakaran, APAR, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, alat safety kapal, alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang, wire rope, webbing sling, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke info@velascoindonesia.com atau sales@velascoindonesia.com

Velasco Administrator

Velasco Administrator

Leave a Replay

PT VELASCO INDONESIA PERSADA

Distributor alat kapal, alat safety, dan alat industri dengan pelayanan terbaik di Jakarta Barat, Indonesia.

Hubungi kami di (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com

Artikel Terakhir

Artikel Terakhir