0
  CONTACT US by WHATSAPP
5 Jenis Aksesoris Jangkar
18
Oct
5 Jenis Aksesoris Jangkar Alat Kapal
Oct 18, 2020By Velasco Indonesia

Dalam sistem penambatan (mooring dan anchoring) kapal, sebuah jangkar memegang peranan penting. Namun jangkar tidak dapat bekerja sendiri, dibutuhkan beberapa aksesoris untuk dapat menjalankan fungsinya. Kurang lebih ada 5 jenis aksesoris jangkar yang diperlukan, yuk kita bahas satu per satu.

5 Jenis Aksesoris Jangkar : Alat Penarik Jangkar atau Windlass

Seperti namanya, alat ini berfungsi untuk menarik jangkar kapal. Mengingat jangkar kapal dan berbagai aksesorisnya merupakan alat kapal yang super berat, maka dibutuhkan sebuah alat untuk menariknya, sekaligus sebagai tempat penyimpanan saat sedang tidak digunakan.

Alat penarik jangkar juga punya nama lain yaitu windlass. Ada juga yang disebut winch (hand winch atau manual winch). Semuanya mengacu pada pengertian yang sama, yaitu alat kapal yang berfungsi untuk menarik jangkar kapal.

Ada dua jenis windlass berdasarkan porosnya, yaitu horizontal dan vertikal.

  • Windlass dengan poros horizontal. Kelebihannya adalah mudah dipasang dan lebih ekonomis. Namun kekurangannya adalah punya potensi rusak lebih tinggi karena posisinya yang terpapar udara laut, perawatannya pun lebih sulit.
  • Windlass dengan poros vertikal. Kelebihan jenis ini adalah posisinya yang lebih ideal karena terlindung dari udara luar, sehingga bisa lebih awet.

Sementara berdasarkan mesin penggeraknya, windlass terbagi menjadi beberapa jenis antara lain:

  • Windlass bertenaga uap. Biasanya dipakai untuk menggerakkan windlass dengan poros horizontal yang ada di kapal tanker. Alat penarik jangkar yang satu ini memiliki kecepatan tinggi serta mudah dioperasikan.
  • Windlass bertenaga listrik dan electrical hydraulic system. Alat ini menggunakan motor DC untuk mengatur kecepatan naik-turun dari rantai jangkar. Electrical hydraulic system yang ada pada windlass ini digunakan untuk mengamankan apabila ada hentakan pada poros transisi dan roda gigi.

5 Jenis Aksesoris Jangkar : Rantai Jangkar

Aksesoris jangkar yang satu ini paling mudah dikenali dan tentunya paling populer karena banyak digunakan dalam industri alat berat. Rantai jangkar punya bentuk serupa dengan rantai-rantai pada umumnya. Namun pada beberapa kapal, ada jenis rantai tertentu yang bentuknya berbeda. Perbedaan ada pada stud link yang disematkan pada rantai jangkar, yaitu sambungan berupa garis yang berada di tengah-tengah setiap mata rantai. Fungsi stud link ini adalah untuk menghindari rantai jangkar kusut atau twist.

Jual Anchor Chain

Berdasarkan materialnya, ada banyak jenis rantai jangkar. Namun setidaknya ada 3 jenis yang cukup populer: Proof Coil, BBB (3B atau triple B) dan High Test (HT).

Jenis proof coil terbuat dari baja karbon (carbon steel) yang dilindungi dengan proses galvanisasi untuk menangkal korosi. Proof coil bisa diidentifikasi dengan kode PC, PC3, G3, atau Grade 30.

Selanjutnya tipe BBB, juga terbuat dari baja karbon. Rantai yang satu ini punya mata rantai yang lebih tebal dan lebih pendek dibanding jenis proof coil. Serta punya kekuatan yang sedikit lebih kuat dibanding proof coil.

Terakhir adalah tipe high test chain, terbuat dari high carboon steel. Materialnya lebih kuat dibanding rantai BBB. Rantai yang satu ini diberi tanda pabrikan berupa kode G4, G40, G43 atau G400.

5 Jenis Aksesoris Jangkar : Swivel Piece

Swivel piece sering juga disebut dengan kili-kili jangkar. Alat ini memungkinkan satu sisi rantai bergerak mengikuti arus bawah laut, tanpa mengganggu sisi lainnya. Dengan demikian swivel piece mencegah twist atau kusut pada instalasi rantai jangkar.

Swivel Piece Jangkar

Kili-kili biasanya terbuat dari bahan stainless steel. Dari segi bentuk, ada banyak jenis swivel piece, misalnya ada jenis eye & eye swivel, jaw & eye swivel, jaw & jaw swivel.

5 Jenis Aksesoris Jangkar : Shackle atau Segel

Shackle adalah alat kapal yang populer digunakan dalam industri rigging. Dalam urusan jangkar, shackle jangkar adalah alat untuk menghubungkan antara aksesoris jangkar yang satu dengan yang lainnya. Misalnya antara swivel dengan jangkar, atau antara rantai jangkar dengan swivel.

Jual Shackle Jangkar

Alat ini berbentuk seperti huruf U atau bentuk simbol omega, kemudian dilengkapi dengan batang penghubung yang dapat dilepas-pasang, tujuannya untuk menghubungkan aksesoris jangkar yang sudah disebut di atas.

5 Jenis Aksesoris Jangkar : Kenter Jangkar

Kenter jangkar atau kenter shackle punya bentuk menyerupai mata rantai jangkar, lengkap dengan stud link di bagian tengahnya. Ragam jenis materialnya pun serupa dengan rantai jangkar. Bedanya adalah, seluruh bagian-bagian kenter jangkar dapat dibongkar-pasang. Fungsinya adalah untuk menghubungkan mata rantai yang satu dengan mata rantai lainnya.

Reseller Kenter Crosby Jakarta

Alat ini sangat dibutuhkan untuk menyatukan dua rantai jangkar sehingga mencapai panjang yang dibutuhkan. Bisa juga digunakan untuk sambungan rantai jangkar apabila ada bagian rantai yang rusak dan harus diganti baru.

Tips Memilih 5 Jenis Aksesoris Jangkar

Setelah mengetahui berbagai macam aksesoris jangkar di atas, yang tidak kalah penting adalah mengetahui bagaimana memilih aksesoris jangkar yang terbaik? Perlu diketahui, setiap alat kapal di atas punya spesifikasi masing-masing yang harus disesuaikan satu sama lain. Misalnya windlass jenis tertentu hanya bisa menggunakan rantai jangkar dengan ukuran tertentu pula. Jadi sesuaikanlah spesifikasi setiap aksesoris jangkar dengan jenis kapal Anda.

Kemudian setiap alat kapal di atas juga punya kekuatan working load limit (WLL) masing-masing yang juga perlu disesuaikan dengan jenis kapal Anda. Hal ini penting diperhatikan supaya alat-alat tersebut tidak saling tumpang tindih. Tidak mungkin kan kapal Anda punya rantai yang besar tapi jangkarnya kecil, atau sebaliknya.

Terakhir dan yang paling disarankan adalah carilah distributor aksesoris jangkar yang dapat Anda percaya. Sebab distributor yang baik akan dapat memberi saran untuk Anda tentang pilihan aksesoris jangkar yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Distributor yang baik juga menjual aksesoris jangkar yang bersertifikat, sehingga kualitasnya dapat dipertanggungjawabkan.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor jangkar kapal dan aksesoris jangkar kapal seperti rantai jangkar, swivel atau kili-kili, shackle, kenter jangkar, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. 

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat safety kapal, alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang, wire rope, webbing sling, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com