0
  CONTACT US by WHATSAPP
Distributor Winch Jangkar
13
May
Distributor Winch Jangkar Jakarta
May 13, 2020By Velasco Indonesia

Winch adalah istilah untuk sebuah alat yang berfungsi menarik dan menurunkan tali. Tali tersebut bisa berupa apa saja, mulai dari tali senar kecil hingga tali rantai yang super besar. Dalam dunia perkapalan, winch erat kaitannya dengan alat penarik jangkar atau windlass. PT Velasco Indonesia Persada merupakan distributor winch jangkar di Jakarta yang dapat dipercaya.

Distributor Winch Jangkar, Alat Penarik Jangkar Kapal

Untuk menjalankan fungsinya tersebut, secara sederhana winch memiliki drum untuk menggulung tali atau rantai tersebut, serta tuas untuk menarik dan menurunkannya. Kembali masuk ke industri perkapalan, winch digunakan untuk menarik dan menurunkan rantai jangkar kapal.

Seperti kita ketahui, jangkar kapal punya fungsi untuk menambatkan kapal supaya tidak bergerak sekalipun ada angin atau arus kencang yang menerpa. Untuk itu dibutuhkan serangkaian aksesoris jangkar kapal agar jangkar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Salah satu aksesoris jangkar tersebut adalah winch / windlass / alat penarik jangkar ini. Tentunya di kapal besar atau kapal boat canggih winch dioperasikan dengan mesin untuk mempermudah kru kapal menarik dan menurunkan jangkar.

Distributor Winch Jangkar Berbagai Jenis

Jenis winch jangkar dibagi berdasarkan dua hal yaitu berdasarkan porosnya atau berdasarkan mesin penggeraknya. Berdasarkan porosnya, winch jangkar terbagi lagi menjadi dua, yaitu vertikal dan horizontal. Sesuai dengan namanya, winch vertikal memiliki poros vertikal terhadap dek, sementara winch horizontal punya poros horizontal terhadap dek.

Winch vertikal dan berbagai komponennya terletak di bawah dek. Sementara winch horizontal di luar dek sehingga terpapar matahari dan udara laut, karena itu perawatannya lebih sulit. Tapi winch jenis terakhir ini harganya lebih murah.

Selanjutnya berdasarkan mesin penggeraknya, winch terbagi menjadi dua pula, yaitu winch tenaga uap, dan winch tenaga listrik dan hidrolik (electrical hydraulic system). Winch yang bekerja dengan tenaga uap biasanya digunakan untuk menarik jangkar horizontal di kapal-kapal jenis tanker. Cara pengoperasiannya mudah dan sanggup beroperasi dengan kecepatan tinggi.

Jenis satunya lagi bergerak dengan dua tenaga mesin yaitu tenaga listrik (motor DC) dan tenaga hidrolik. Winch ini sanggup mengontrol kecepatan jangkar ditarik / diturunkan serta menjamin keamanan terhadap adanya hentakan yang berlebihan saat proses mooring / towing.

Berikut ini salah satu contoh alat winch sebagai gambaran Anda

SilaSilahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor winch jangkar atau alat penarik jangkar atau windlass dan peralatan kapal lainnya seperti alat keselamatan kapal, rantai jangkar, serta alat navigasi kapal dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.