0
  CONTACT US by WHATSAPP
Aksesoris Jangkar
01
Apr
Aksesoris Jangkar Kapal Jakarta
Apr 01, 2020By Velasco Indonesia

Setiap kapal punya jangkar untuk menambatkan kapalnya supaya tidak bergerak walaupun ada angin dan arus laut yang kencang. Nah, setiap jangkar juga punya aksesoris jangkar kapal untuk dapat menjalankan fungsinya tersebut. Setiap aksesoris punya fungsi dan tugasnya masing-masing yang berbeda-beda.

Apa Saja Aksesoris Jangkar Kapal ?

Aksesoris jangkar kapal adalah beberapa alat kecil yang tersambung dengan jangkar, untuk membuat jangkar dapat menjalankan fungsinya dengan baik. Sistem penambatan yang baik tentu bergantung pada aksesoris jangkar yang berkualitas baik pula.

Anda cari distributor aksesoris jangkar??

Yuk kita bahas satu persatu tentang aksesoris jangkar.

  1. Rantai jangkar, yaitu rantai yang digunakan khusus untuk jangkar. Pada mata rantai jangkar ada stud link (besi penghalang) yang berfungsi untuk menjaga supaya rantai tidak berputar. Di ujung rantainya lebih besar dan tidak ada stud link, tujuannya untuk disambungkan ke jangkar dan chain locker.
  2. Swivel piece / kili-kili, yaitu rangkaian rantai yang pada bagian tengahnya ada poros berputar. Poros swivel ini fungsinya supaya satu bagian rantai tetap diam walaupun bagian rantai lainnya goyang. Swivel ini punya fungsi penting supaya rantai jangkar tidak kusut waktu ada pergerakan dari gelombang.
  3. Shackle, yaitu alat untuk menyambungkan objek seperti rantai / tali ke objek lainnya. Shackle jangkar ada tiga: kenter shackle, joining shackle dan anchor shackle.
    1. Kenter shackle: bentuknya seperti angka 8 tapi bagian tengahnya bisa dibuka, fungsinya menghubungkan satu bagian rantai jangkar dengan rantai jangkar yang lain.
    2. Joining shackle: bentuknya seperti huruf U dan ada tuas di ujungnya. Gunanya mirip seperti kenter shackle, hanya beda bentuk.
    3. Anchor shackle: bentuknya kayak joining shackle tapi ukurannya beda. Gunanya menghubungkan rantai jangkar dengan jangkar kapal.  
  4. Penarik jangkar adalah alat yang digunakan untuk menarik jangkar. Karena jangkar itu berat, tentu tidak bisa mengandalkan tenaga manusia. Dibutuhkan mesin khusus untuk menarik jangkar, yaitu windlass atau penarik jangkar.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor aksesoris jangkar kapal berkualitas. Kami juga jual alat kapal lainnya seperti alat keselamatan kapal, rantai jangkar, serta alat navigasi kapal dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.