0
  CONTACT US by WHATSAPP
Tipe Penarik Jangkar
03
Apr
Tipe Penarik Jangkar Kapal Laut
Apr 03, 2020By Velasco Indonesia

Setiap kapal memiliki jangkar. Nah, setiap jangkar, memiliki alat untuk menarik jangkarnya. Alat penarik jangkar ini punya banyak jenis lho, berdasarkan porosnya dan berdasarkan mesin penggeraknya. Tipe penarik jangkar kapal ini akan dibahas lebih lanjut dalam artikel ini.

Jangkar itu sendiri adalah alat pemberat pada kapal yang dibuat dari besi, dikaitkan dengan tali atau rantai jangkar dan berfungsi untuk menambatkan kapal pada satu titik. Tujuannya adalah supaya kapal tidak bergerak, karena arus air laut dan angin dapat membuat kapal bergerak.

Tipe atau jenis penarik jangkar terbagi berdasarkan porosnya serta berdasarkan mesin penggeraknya. Penggunaan penarik jangkar tentu disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis kapalnya. Setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Berdasarkan porosnya, tipe penarik jangkar terbagi menjadi dua tipe, yaitu:

Tipe pertama adalah penarik jangkar horizontal. Alat ini memiliki arah poros horizontal terhadap dek kapal. Mesinnya digerakkan dengan motor listrik, uap, atau motor penggerak hidrolis. Posisinya di tempat terbuka sehingga langsung terpapar udara laut, karena itu perawatannya lebih sulit. Tapi harganya lebih murah.

Tipe kedua adalah penarik jangkar vertikal. Arah porosnya vertikal terhadap dek kapal. Biasanya terletak di bagian dalam sehingga terlindung dari udara luar.

Berdasarkan mesin penggeraknya, tipe penarik jangkar juga terbagi menjadi dua tipe, yaitu:  

Pertama adalah penarik jangkar yang digerakkan dengan tenaga listrik dan electrical hydraulic system. Kedua sistem penggerak ini digunakan bergantian. Tenaga listriknya menggunakan motor DC.

Kedua adalah penarik jangkar yang menggunakan mesin penggerak dari tenaga uap. Tenaga uap digunakan untuk menjalankan penarik jangkar jenis horizontal. Alat ini biasanya dipakai di kapal jenis tanker. Alat ini mudah dioperasikan dan bisa dijalankan dengan kecepatan tinggi.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor penarik jangkar atau windlass dan peralatan kapal lainnya seperti alat keselamatan kapal, rantai jangkar, serta alat navigasi kapal dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.