0
  CONTACT US by WHATSAPP
Shackle Jangkar
13
Jul
Shackle Jangkar / Segel yang Khusus untuk Jangkar
Jul 13, 2019By Velasco

Alat yang sering dijumpai di kapal adalah jangkar. Jangkar memiliki serangkaian aksesoris dengan fungsi dan perannya masing-masing. Salah satu aksesoris jangkar kapal yang sangat penting adalah shackle jangkar.

Shackle itu sendiri merupakan sebuah alat bantu untuk angkat beban berat, atau rigging. Alat ini umumnya dibuat dari bahan mild steel, carbon steel, alloy steel atau stainless steel tipe 304 dan 316. Fungsinya yaitu sebagai penyambung atau pengkait rantai atau sling dengan objek angkat.

Tulisan ini akan membahas khusus tentang shackle atau orang juga menyebutnya segel, yaitu segel yang digunakan untuk mengangkat jangkar. Shackle yang satu ini digunakan dengan prinsip yang sama seperti shackle lainnya, namun yang membedakannya adalah aksesoris yang dikaitkan dengan alat ini.

Kalau segel rigging biasanya dikaitkan dengan sling, maka shackle yang satu ini dihubungkan dengan jangkar dan serangkaian rantai khusus jangkar. Fungsi utama alat ini adalah untuk memudahkan penggunaan jangkar baik saat diturunkan maupun dinaikkan.

Peranan segel/shackle yang satu ini sangat penting, bayangkan apabila shackle jangkar rusak dan putus, maka kapal akan kehilangan jangkar dan akan sulit berhenti di titik tujuan. Karena itu, penting untuk menggunakan segel  ini secara tepat, untuk mengurangi resiko kerugian operasional kapal dan kecelakaan kerja. Berikut ini adalah bebarapa tips dalam memilih dan merawat segel :

  1. Untuk menjaga kualitasnya, pilihlah shackle jangkar dari distributor yang terpercaya. Dengan membeli dari distributor yang terpercaya, tipe, ukuran, standarisasi dan bahan logamnya dapat dijamin. Jaminan tersebut dapat dilihat dari sertifikasi yang dimiliki.
  2. Segel yang digunakan untuk jangkar harus sesuai dengan tipe rantai jangkar yang digunakan. Selain itu segel tersebut juga harus sesuai dengan tipe atau ukuran jangkar.
  3. Perhatikan kesesuaian berat jangkar dengan jenis segel yang digunakan.
  4. Saat hendak digunakan, pastikan pin segel telah terpasang atau sepenuhnya terkunci dengan tepat dan benar. Pin segel tidak akan terpasang dengan kencang jika segel mengalami cacat atau rusak.
  5. Jika terdeteksi ada kerusakan, segera panggil teknisi untuk dilakukan langkah-langkah perbaikan, atau penggantian komponen baru.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor segel dan aksesoris jangkar lainnya seperti kenter, kili-kili, rantai, wire clip, windlass dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.