0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jenis Windlass
06
May
Jenis Windlass atau Winch Kapal
May 06, 2020By Velasco Indonesia

Seperti kita ketahui, setiap kapal memiliki jangkar yang berfungsi untuk menambatkan kapal agar tidak bergerak walau diterpa angin dan arus kencang. Setiap jangkar membutuhkan alat penarik jangkar untuk memudahkan mooring system (menambat) dan towing (menarik) jangkar. Sebagai salah satu aksesoris jangkar kapal, alat penarik jangkar atau windlass punya banyak jenis. Beragam jenis windlass tersebut dibedakan berdasarkan cara kerja dan mesin penggeraknya.

Windlass hanyalah salah satu aksesoris jangkar kapal yang mendukung tugas jangkar sebagai penambat kapal. Selain windlass ada beberapa aksesoris jangkar lainnya seperti rantai jangkar, kenter jangkar, swivel atau kili-kili, serta jangkar itu sendiri.

Jenis Windlass Menurut Porosnya

Poros alat penarik jangkar menentukan arah rangkaian jangkar ditarik atau diturunkan. Ada 2 jenis alat penarik jangkar yaitu windlass horizontal dan vertikal. Sesuai dengan namanya, windlass horizontal tentu arah porosnya horizontal. Windlass yang satu ini dapat digerakkan dengan mesin uap, listrik serta hidrolik. Posisinya mengarah ke laut, jadi perawatannya lebih susah karena mudah terkena korosi. Namun harganya lebih murah.

Windlass vertikal punya poros yang mengarah vertikal atau tegak lurus terhadap dek kapal. Posisinya ada di dalam dek kapal, jadi terlindung dari sinar matahari sehingga perawatannya lebih mudah.

Jenis Windlass Menurut Mesin Penggeraknya

Jenis pertama adalah penarik jangkar yang digerakkan dengan tenaga uap. Biasanya dipakai untuk kapal tanker, digunakan sebagai penggerak horizontal windlass. Windlass tipe ini bisa mengurangi potensi bahaya kebakaran dan juga lebih gampang dioperasikan.

Jenis kedua adalah penarik jangkar yang diggerakkan dengan tenaga listrik dan tenaga hidrolis (electric hydraulic system). Alat ni memakai motor DC, sehingga kecepatan menaikkan dan menurunkan rantai jangkar dapat dikontrol dengan lebih mudah. Selain itu alat ini juga bisa menjamin keamanan saat terjadi hentakan di poros transmisi dan roda gigi.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor windlass dan peralatan kapal lainnya seperti alat keselamatan kapal, rantai jangkar, serta alat navigasi kapal dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.