0
  CONTACT US by WHATSAPP
Sistem Penambatan Kapal
24
Feb
Sistem Penambatan Kapal atau Mooring System
Feb 24, 2020By Velasco Indonesia

Sistem penambatan kapal atau mooring system adalah teknik untuk menambatkan sebuah kapal agar diam di satu titik. Titik yang dimaksud ini bisa di dermaga, atau di tengah laut lepas. Namun yang akan dibahas dalam tulisan kali ini adalah bagaimana cara menambatkan kapal di dermaga.

Sistem Penambatan Kapal di Dermaga

Menambatkan kapal di dermaga bukan urusan sepele, tidak semudah melepaskan jangkar semata. Dibutuhkan serangkaian tali tambat untuk membantu agar kapal tidak bergerak. Sebab arus air laut serta angin kencang dapat muncul kapan saja dan bisa menggerakkan kapal apabila tidak ditambatkan dengan baik dan benar. Sudah terjadi beberapa kecelakaan kapal akibat sistem penambatan yang kurang sempurna.

Ada berbagai variasi dalam menambatkan kapal, namun umumnya semuanya menggunakan tali tross, tali spring serta tali breast. Susunannya dapat dipelajari melalui video berikut ini.

  • Head lines / tali tross muka, tali di bagian paling depan kapal
  • Forward breast lines, diletakkan antara head lines dan forward spring lines.
  • Forward spring lines / tali spring muka, terletak di bagian tengah kapal agak ke depan.
  • After spring lines / tali spring belakang, terletak di badan kapal agak ke belakang.
  • After breast lines, ada di antara after spring lines dan stern lines.  
  • Stern lines / tali tross belakang, dipasang di bagian paling belakang kapal.

Dengan sistem penambatan kapal demikian, maka diharapkan kapal akan dapat terparkir dengan mantap. Tali yang cocok digunakan untuk menjadi tali tambat kapal haruslah tali yang kuat, tahan air, bisa mengapung di air, serta memiliki kelenturan supaya mudah diatur. Beberapa contoh tali tersebut adalah tali tambang dengan bahan sintetis misalnya tali PP (baik PP monofilament maupun PP multifilament), tali PE atau tali nylon

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami jual tali tross dan tali spring berkualitas dengan pelayanan terbaik. Kami juga jual alat pemadam kebakaran seperti APAR dan fire hose. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.