0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jenis Alat Keselamatan Kapal
14
Jul
Jenis Alat Keselamatan Kapal dan Fungsinya
Jul 14, 2020By Velasco Indonesia

Sama seperti kendaraan pada umumnya, kapal juga memiliki resiko akan kecelakaan. Karena itu sangat dibutuhkan beragam alat untuk dapat menjamin keselamatan para penumpang dan awak kapal. berbagai jenis alat keselamatan kapal wajib disediakan.

Tidak sembarangan, setiap alat safety kapal harus sesuai dengan standar internasional yang tercantum dalam aturan SOLAS (Safety of Life at Sea). Regulasi SOLAS mengatur dengan detail alat safety apa saja yang harus ada pada setiap kapal, kualitas minimum setiap alat tersebut, hingga jumlah dan di mana alat safety tersebut harus diletakkan pada kapal.

Jenis Alat Keselamatan Kapal : Alat Piroteknik

Pengertian alat piroteknik adalah sebuah alat yang dirancang dengan reaksi kimia tertentu sehingga dapat menghasilkan percikan cahaya, atau gas. Fungsi dari reaksi kimia dalam alat piroteknik adalah untuk mengirimkan sinyal permintaan pertolongan kepada siapa saja yang ada di sekitar korban (biasanya di laut).

Alat keselamatan kapal piroteknik yang kami jual antara lain sebagai berikut.

  • Marine Orange Smoke Signal / Asap Sinyal Oranye / Buoyant Smoke Signal : alat ini berbentuk tabung pendek, mengeluarkan sinyal asap warna oranye. Biasanya digunakan pada siang hari karena warna oranye mudah dilihat di siang hari. Kalau malam lebih cocok pakai flare warna merah.
  • Man Over Board (MOB) : warnanya kuning, biasanya diikat menempel pada life buoy. Ketika ada orang yang jatuh ke laut, life buoy beserta MOB akan dilemparkan ke arah korban. Selanjutnya MOB akan mengeluarkan sinyal asap berwarna oranye untuk memberi tanda lokasi korban.
  • Hand Flare Signal / Sinyal Kembang Api : alat ini bekerja dengan cara mengeluarkan flare api warna merah. Bentuknya seperti tabung panjang, dipegang oleh orang yang membutuhkan pertolongan.
  • Rocket Parachute Flare Signal / Obor Parasut / Sinyal Parasut : mirip dengan hand flare signal, sama-sama mengeluarkan sinyal flare warna merah. Bedanya flare pada alat ini meluncur ke atas seperti roket, lalu turun seperti parasut. Dengan begitu, jangkauan sinyal permintaan tolong bisa lebih luas karena flare yang lebih tinggi.
  • Line Throwing : merupakan satu tabung besar yang berisi gulungan tali sepanjang 230 meter dengan roket melekat pada bagian ujungnya. Cara kerjanya adalah dengan melemparkan roket tersebut ke arah korban yang ada di laut. Maka roket bersamaan dengan tali akan dapat diraih korban, sehingga korban bisa ditarik ke atas kapal.

Jenis Alat Keselamatan Kapal : Non-Piroteknik

Tidak hanya alat piroteknik, ada juga alat safety lainnya yang juga wajib dimiliki setiap kapal.

  • Life Jacket / Jaket Pelampung : seperti namanya, jaket ini memungkinkan penggunanya bisa mengapung di atas air.
  • Life Jacket Whistle / Peluit : yaitu peluit yang ditempelkan pada jaket pelampung, gunanya untuk memberi sinyal permintaan pertolongan melalui suara.
  • Life Jacket Light / Lampu di Jaket Pelampung: yaitu lampu yang ditempelkan pada jaket pelampung, alat ini akan menyala otomatis saat terendam air.  
  • Life Buoy / Ring Buoy / Pelampung Kapal : pelampung berbentuk bulat (ring), biasanya berwarna oranye dan putih. Alat ini dilemparkan kepada orang yang terancam tenggelam di tengah laut.
  • Inflatable Life Raft / Rakit Penyelamat / Sekoci  : yaitu rakit untuk menyelamatkan awak dan penumpang kapal ketika kapal mengalami kecelakaan. Ketika tidak terpakai, alat ini tersimpan dalam tabung besar yang akan terbuka dengan sendirinya ketika dilemparkan ke laut.
  • Ring Buoy Light / Lampu untuk Ring Buoy : yaitu lampu yang ditempelkan pada ring pelampung, lampu ini akan menyala saat terendam air untuk memberi sinyal darurat.
  • Sekoci Darurat / Rescue Boat : fungsinya sama seperti inflatable life raft yaitu menyelamatkan penghuni kapal yang akan tenggelam. Tapi alat ini punya bentuk yang berbeda yaitu seperti kapal kecil (tidak tersimpan dalam tabung).
  • Wind Speed / Anemometer / Alat Pengukur Kecepatan Angin : alat untuk mengukur kecepatan dan arah angin.
  • Marine Ship Bell Brass / Lonceng Kapal : lonceng dari bahan kuningan atau brass yang khusus digunakan di atas kapal. Bisa untuk alat komunikasi di dalam kapal, termasuk untuk memberi peringatan bahaya di kapal.
  • Hru for Life Raft / Hydrostatic Release Unit : alat ini menempel pada inflatable life raft, fungsinya untuk melepaskan life raft secara otomatis saat kapal dalam situasi darurat.
  • Imo Sign / Marine Sticker / Stiker Petunjuk untuk Kapal : stiker berisi berbagai simbol sebagai petunjuk pada kapal, digunakan untuk memudahkan panduan dan arahan kepada seluruh awak kapal.
  • Binocular / Teropong : digunakan untuk melihat situasi di kejauhan, bisa untuk memantau korban di tengah laut, atau memantau potensi bahaya di depan.
  • Ratchet Belt / Sabuk Pengikat : biasanya digunakan untuk mengikat life raft, tapi bisa juga dipakai untuk mengikat barang lain.

Jenis Alat Keselamatan Kapal : Alat Pemadam Kebakaran

Setiap kapal juga harus punya alat pemadam kebakaran karena kebakaran juga sangat mungkin terjadi pada kapal. beberapa alat pemadam kebakaran adalah:  

  • Fire Blanket / Selimut Tahan Api : yaitu selimut dari bahan kain serat yang bisa memadamkan api kecil dengan prinsip menghalangi pasokan oksigen sehingga api bisa mati.
  • Portable Fire Extinguisher Cylinder / APAR : alat pemadam api ringan, digunakan untuk memadamkan api saat belum terlalu besar.
  • Marine Smoke Detector & Heat Detector / Pendeteksi Asap dan Panas pada Kapal : alat pendeteksi asap dan api pada kapal.
  • Fire Hydrant Cabinet / Lemari Alat Damkar : lemari khusus untuk menyimpan alat damkar seperti fire hose dll. Ada 2 jenis yaitu untuk indoor dan untuk outdoor.
  • Fire Hose / Selang Pemadam Kebakaran : selang khusus pemadam kebakaran dengan jenis bahan red dubber, kanvas dan polyester.
  • Fire Hose Box : kotak untuk menyimpan selang pemadam kebakaran bersama dengan berbagai aksesorisnya.
  • Fire Hose Connector : alat penghubung lebih dari satu fire hose untuk mencapai panjang yang dibutuhkan.
  • Fire Hose Coupling : penghubung fire hose ke alat lain seperti nozzle atau pompa hidran (hydrant pump).
  • Fire Hose Nozzle : tuas yang dipasang pada bagian ujung fire hose, berfungsi untuk mengatur besar kecil diameter air yang disemburkan fire hose.
  • Fireman Outfit / Baju Pemadam Kebakaran : setelan khusus dari ujung kepala hingga ujung kaki, terbuat dari bahan tahan api.
  • Fireman Safety Shoes / Sepatu Safety Pemadam Kebakaran : sepatu khusus untuk pemadam kebakaran.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat keselamatan kapal. Kami jual alat piroteknik seperti smoke detector, smoke signal, parachute signal. Velasco Indonesia juga melayani kebutuhan line throwing/pelempar tali, man over board, sekoci, life jacket/jaket pelampung, life jacket light, life raft, ring buoy dengan pelayanan terbaik di Jakarta.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada  sebagai distributor alat keselamatan kapal/alat safety, alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang dan wire rope dengan pelayanan terbaik. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com