0
  CONTACT US by WHATSAPP
Fungsi Webbing Sling
26
Oct
Fungsi Webbing Sling di Kapal
Oct 26, 2020By Velasco Indonesia

Kegiatan rigging ada di banyak industri, salah satunya adalah industri perkapalan. Untuk itu dibutuhkan berbagai macam alat bantu angkat atau alat rigging, salah satunya adalah webbing sling. Fungsi webbing sling adalah sebagai alat bantu dalam proses memindahkan barang berat, yaitu meliputi lifting (mengangkat barang), lashing (mengikat barang) dan towing (menarik barang).

Fungsi Webbing Sling : Mengangkat Barang

Fungsi utama dari alat ini adalah untuk kegiatan lifting atau mengangkat barang. Ada beberapa teknik lifting menggunakan webbing sling yang dapat dipraktekkan, yaitu straight lift, choke hitch dan basket hitch.

Straight lift artinya barang langsung dikaitkan ke webbing sling, kemudian diangkat. Choke hitch adalah metode lifting dengan melingkarkan tali webbing pada barang kemudian tali tersebut melewati mata webbing sling. Basket hitch juga melingkarkan tali webbing ke barang, namun kemudian langsung disambungkan lagi ke alat angkat, tidak melewati mata webbing sling. Untuk lebih jelasnya dapat dilihat pada ilustrasi berikut ini.

Gambar di atas menggunakan contoh chain sling, namun prinsip metode liftingnya sama dengan webbing sling. Pada prakteknya, dapat digunakan tidak hanya satu (1 leg sling), namun dua (2 leg sling) atau bahkan empat sekaligus (4 leg sling), seperti yang dapat dilihat pada gambar di atas.

Fungsi Webbing Sling : Mengikat Barang

Fungsi berikutnya adalah lashing atau mengikat barang. Fungsi ini biasanya dipakai dalam perjalanan di kapal. Mengingat perjalanan di kapal rentan akan goncangan, maka dibutuhkan webbing sling untuk mengikat barang agar tidak bergerak. Dengan diikat, maka barang akan tetap aman dan utuh hingga sampai ke tempat tujuan.

Mengikat barang menggunakan webbing sling punya banyak keunggulan. Karakteristik webbing sling yang fleksibel membuatnya dapat mengikuti lekukan barang sehingga mudah ketika memasang ikatannya. Kemudian tekstur permukaan webbing sling yang halus (dibandingkan dengan chain sling atau wire rope sling) juga jadi kelebihan, karena dengan demikian barang jadi tidak lecet dan tergores. Harganya juga cukup murah sehingga webbing sling banyak dijadikan pilihan untuk aplikasi lashing di kapal.

Fungsi Webbing Sling : Menarik Barang

Terakhir adalah fungsi untuk towing atau menarik barang. Fungsi yang berikut ini memang jarang digunakan namun bisa jadi pilihan ketika dibutuhkan tali untuk menarik barang. Contohnya ketika proses memasukkan atau mengeluarkan barang dari dan ke kapal, barang dapat ditarik menggunakan webbing sling yang dihubungkan ke alat lain seperti truk. Tentunya dibutuhkan kewaspadaan dan ketelitian dalam proses menarik barang, serta pastikan barang yang ditarik memiliki berat sesuai dengan kekuatan webbing sling.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat rigging seperti webbing sling , wire rope sling, chain sling, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. 

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat safety kapal, alat lifting, tali mooring, tali tambang, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com