0
  CONTACT US by WHATSAPP
Cara Pasang Jangkar
28
Oct
Cara Pasang Jangkar Kapal Laut
Oct 28, 2020By Velasco Indonesia

Setiap kapal membutuhkan jangkar. Jangkar adalah alat kapal yang digunakan untuk menambatkan kapal. Baik kapal besar maupun kapal kecil, semua butuh jangkar. Jadi, bagaimana cara pasang jangkar supaya bisa berfungsi dengan baik?

Cara Pasang Jangkar : Persiapan

Sebelum memasang jangkar, ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan. Pertama, kapal besar dan kapal kecil punya spesifikasi rangkaian jangkar yang berbeda. Karena itu kenali terlebih dahulu jangkar dan aksesoris jangkar seperti apa yang dibutuhkan kapal Anda.

Secara umum, rangkaian jangkar tersusun dari beberapa alat. Mulai dari windlass atau alat penarik jangkar, lalu rantai jangkar, kenter jangkar, swivel atau kili-kili, shackle jangkar, dan terakhir adalah jangkar itu sendiri. Semua rangkaian itu tersusun seperti dalam ilustrasi berikut ini:

Aksesoris Rantai Jangkar

Setelah memahami rangkaian tersebut, langkah selanjutnya adalah menyiapkan jangkar kapal serta aksesoris jangkar yang dibutuhkan. Pastikan Anda mendapatkan alat-alat tersebut dari distributor aksesoris jangkar yang dapat dipercaya. Sebab tidak semua distributor jual aksesoris jangkar kapal yang berkualitas.

Ini Dia Cara Pasang Jangkar Kapal Laut

  1. Sambungkan rantai jangkar sampai mencapai panjang yang dibutuhkan. Rantai jangkar dijual di pasaran dengan satuan length, di mana 1 length = 27,5 meter. Gunakan kenter jangkar untuk menyambungkan rantai jangkar.
  2. Setelah mencapai panjang yang dibutuhkan, sambungkan bagian ujung rantai jangkar ke swivel dengan menggunakan kenter jangkar atau joining shackle sebagai penghubungnya.
  3. Lalu sambungkan swivel atau kili-kili itu ke jangkar dengan menggunakan shackle jangkar sebagai penghubungnya.  

Untuk mengetahui detail cara menghubungkan rantai, kenter, swivel ke jangkar, bisa dilihat pada video berikut ini.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor jangkar kapal dan aksesoris jangkar kapal seperti rantai jangkar, swivel atau kili-kili, shackle, kenter jangkar, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. 

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat safety kapal, alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang, wire rope, webbing sling, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com