0
  CONTACT US by WHATSAPP
Cara Pasang Kenter Jangkar
15
May
Cara Pasang Kenter Jangkar yang Benar
May 15, 2020By Velasco Indonesia

Jangkar kapal punya peran yang sangat penting, yaitu untuk menambatkan kapal di suatu tempat, baik di dermaga maupun di tengah laut. Peranan penting jangkar itu dibantu oleh serangkaian aksesoris jangkar kapal yang berkualitas, salah satunya adalah kenter jangkar. Alat ini unik dan punya fungsi yang sangat penting. Cara pasang kenter jangkar pun tidak bisa sembarangan. Yuk simak artikel berikut ini.

Sebelum Tau Cara Pasang Kenter Jangkar, Ketahui Dulu Apa Itu Kenter

Kenter adalah salah satu aksesoris jangkar kapal yang bentuknya seperti mata rantai jangkar, yaitu bulat lonjong (seperti oval) dengan sambungan atau stud di bagian tengahnya. Fungsinya supaya mata rantai tidak mudah berputar dan terlilit saat berada di bawah laut.

Kenter jangkar memiliki keistimewaan yaitu dapat dilepas menjadi 4 bagian. Kenapa demikian? Karena kenter punya fungsi penting yaitu untuk menyambungkan dua rantai jangkar menjadi satu rangkaian rantai jangkar yang Panjang, atau menghubungkan antara rantai jangkar dengan swivel. Jadi kenter bisa dilepas lalu dikaitkan ke rantai atau swivel, lalu dipasang lagi. Viola! Tersambunglah dua rantai jangkar menjadi satu.

Sebelum memulai, kenali dulu bagian-bagian kenter jangkar. Seperti dijelaskan sebelumnya, kenter jangkar bisa dilepas dan terbagi menjadi 4 bagian utama. Untuk memudahkan penjelasan, setiap bagian akan diberi nama. Keempat bagian tersebut adalah: A (taper pin dan lead pellet), B (stud atau center chock), C dan D (shackle kenter halves). Lebih jelasnya dapat dilihat di gambar berikut ini.

Jadi Gimana Sih Cara Pasang Kenter Jangkar?

  • Lepaskan bagian A dengan cara didorong menggunakan palu dan besi kecil panjang (seperti paku atau sejenisnya).
  • Lepaskan bagian B dengan cara diketok menggunakan palu berkali-kali.
  • Lepaskan atau pisahkan bagian C dan D dengan cara diketok pakai palu dari arah samping.
  • Kaitkan ujung rantai atau swivel jangkar ke bagian C dan D.
  • Satukan lagi bagian C dan D, masih dengan cara yang sama yaitu diketok menggunakan palu sampai menyatu sempurna.
  • Pasang kembali stud atau bagian B sesuai tempatnya.
  • Terakhir, pasang lagi taper pin dan lead pellet (bagian A) untuk mengunci kenter.
  • Untuk lebih aman, gunakan perekat (misalnya wirelock) untuk mengunci bagian A.

Lebih jelasnya, Anda dapat melihat video berikut ini.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai reseller kenter jangkar dan peralatan teknik lainnya seperti wire rope dan shackle dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.