Cara Kerja Rantai Jangkar Kapal Laut

Cara Kerja Rantai Jangkar

Teknik anchoring atau menambatkan kapal, terutama pada kapal besar seperti kapal kargo, bukanlah persoalan sepele. Dibutuhkan keahlian khusus agar jangkar tidak jatuh di posisi yang salah. Untuk itu banyak hal yang perlu dipahami, salah satunya adalah cara kerja rantai jangkar kapal.

Agar sistem penambatan sebuah kapal dapat berjalan dengan baik, beberapa hal perlu diperhatikan. Mulai dari perancangan sistem jangkar (termasuk memilih jangkar serta aksesoris jangkar yang sesuai dengan kapal), hingga menjalankan prosedur anchoring dengan baik dan benar.

Seperti Apa Cara Kerja Rantai Jangkar

Rantai jangkar menghubungkan antara jangkar dengan windlass atau alat penarik jangkar. Sebelum mencapai jangkar kapal, rantai kapal disambungkan dulu dengan beberapa aksesoris jangkar kapal seperti swivel piece, serta shackle jangkar.

Rantai jangkar itu sendiri merupakan rantai baja yang terbentang sangat panjang hingga puluhan atau ratusan meter, menyesuaikan dengan kebutuhan kapal. Rantai jangkar dijual dalam satuan length dengan panjang per length-nya adalah 27,5 meter. Agar bisa mencapai panjang yang diinginkan, maka digunakan kenter jangkar untuk menghubungkannya.  

Selama kapal bergerak, otomatis jangkar beserta rantainya tidak digunakan. Dalam kondisi seperti itu, rantai jangkar tersimpan dalam sebuah tempat yang diberi nama chain locker, posisinya ada di bawah mooring deck.

Ketika kapal perlu berhenti dalam waktu lama, maka jangkar dibutuhkan. Dengan demikian, mesin penarik jangkar akan dijalankan dan menarik rantai jangkar keluar dari chain locker. Selanjutnya rantai jangkar bersamaan dengan jangkar kapal akan turun ke dasar laut.

Peran rantai jangkar tidak berhenti di situ. Menurunkan rantai jangkar kapal pun tidak bisa sembarangan, karena harus mengatur kecepatan dan menyesuaikan arah arus laut. Hal tersebut penting karena ketika jangkar menyentuh dasar laut, arah arus di bawah laut akan memberikan dorongan (horizontal pull) kepada jangkar dan rantai jangkar sehingga memungkinkan jangkar dapat tersangkut ke permukaan dasar laut dengan sempurna.

Untuk gambaran utuh mengenai proses anchoring, Anda dapat melihat video berikut ini:

https://www.youtube.com/watch?v=CxOjoDvdJrs

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor jangkar kapal dan aksesoris jangkar kapal seperti rantai jangkar, swivel atau kili-kili, shackle, kenter jangkar, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. 

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat safety kapal, alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang, wire rope, webbing sling, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com

Velasco Administrator

Velasco Administrator

Leave a Replay

PT VELASCO INDONESIA PERSADA

Merupakan distributor alat kapal yang berdomisili di jakarta barat, Indonesia.

Hubungi kami di (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com

Artikel Terakhir

Artikel Terakhir