0
  CONTACT US by WHATSAPP
Rantai Jangkar
08
May
Rantai Jangkar Kapal untuk Mooring dan Towing
May 08, 2020By Velasco Indonesia

Sebagai alat penambat kapal, jangkar tidak bekerja sendiri. Jangkar memiliki beragam aksesoris jangkar kapal yang punya peran masing-masing. Salah satu aksesoris jangkar yang paling penting adalah rantai jangkar kapal. Barang ini tentu sangat penting karena tanpanya, jangkar tidak dapat berfungsi sama sekali.

Mengenal Rantai Jangkar Kapal

Rantai digunakan di banyak bagian kapal, baik untuk mengikat barang maupun sekedar hiasan di tepi kapal. Namun untuk jangkar, rantai yang digunakan berbeda, terutama pada kapal berukuran super besar.

Dari segi bentuk, rantai yang satu ini istimewa sebab apabila mata rantai pada umumnya berbentuk oval, namun khusus rantai ini punya tambahan link di bagian tengahnya. Fungsinya supaya rantai tersebut tidak mudah terputar atau terlilit saat proses menarik dan menurunkan jangkar.

Rantai Jangkar untuk Mooring dan Towing

Tugas utama alat ini adalah untuk menambatkan (mooring) dan menarik (towing) jangkar kapal. Supaya kapal dapat tertambat dengan baik, maka tentu diperlukan jangkar sebagai pemberat dan rantai sebagai tali penghubung antara kapal dengan jangkar.

Setelah selesai ditambatkan dan kapal hendak melanjutkan perjalanan, maka rantai tersebut akan ditarik dari dalam laut supaya kapal dapat bergerak. Selama proses mooring dan towing tersebut, rantai berpotensi terlilit karena arus air laut atau arus angin yang kencang. Karena itu ada beberapa alat bantu tambahan seperti swivel atau kili-kili. Selain itu desain dari rantai ini juga memungkinkan posisi antar rantai tetap stabil tanpa ada yang bisa terputar dan terlilit.

Serangkaian rantai untuk keperluan ini dijual dengan satuan length dimana 1 length sebanding dengan 27,5 meter. Rantai ini memiliki beberapa grade misalnya grade U2 dan U3, yang membedakan adalah kepadatan komposisi material besinya. Grade U3 mengandung komposisi besi yang lebih padat, sehingga ia lebih kuat dan punya nilai breaking load yang lebih tinggi ketimbang rantai grade U2 dengan ukuran yang sama.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor rantai jangkar kapal dan peralatan industri lainnya seperti wire rope dan shackle dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.