Peralatan Kapal yang Mutlak Harus Ada

Peralatan Kapal yang Mutlak Harus Ada

Secara umum, peralatan kapal yang mutlak harus ada di setiap kapal terbagi menjadi dua. Bagian pertama adalah alat untuk operasional kapal. Bagian kedua adalah alat kapal untuk keselamatan.

Peralatan kapal untuk operasional berfungsi untuk memastikan kapal dapat berjalan dengan baik. Alat operasional kapal ini terbagi lagi jadi banyak bagian, seperti: alat komunikasi kapal, alat navigasi kapal, alat kemudi kapal, jangkar dan aksesorisnya, mesin kapal, alat rigging, dan alat kapal lainnya.

Sementara itu, peralatan kapal untuk safety atau keselamatan di kapal juga bisa dibagi lagi menjadi beberapa bagian. Ada alat piroteknik, alat bantu apung, alat khusus untuk keselamatan kapal, alat pemadam kebakaran, serta alat keselamatan lainnya.

Peralatan Kapal : Alat Komunikasi & Navigasi Kapal

Alat kapal untuk komunikasi berkaitan erat dengan navigasi kapal. Bahkan dengan semakin canggihnya teknologi, fungsi navigasi dan komunikasi dapat disediakan dalam satu alat. Komunikasi tidak melulu berbicara secara lisan.

Melalui alat marine radar dan marine GPS navigator misalnya, kita dapat mengetahui posisi kapal kita dan posisi kapal lain yang ada di sekitar kita. Dengan demikian kita dapat mengatur arah gerak kapal kita supaya tidak menabrak kapal lain, dengan demikian kapal kita dan kapal lain sudah berkomunikasi agar tidak saling bertabrakan.

Walau demikian, masih ada juga alat khusus untuk komunikasi, dan alat khusus untuk navigasi yang hingga kini masih digunakan di kapal. Contohnya adalah satellite phone, marine intercom, dan magnetic compass.

Di kapal, lampu tidak hanya berfungsi sebagai alat penerangan, namun juga merupakan alat untuk berkomunikasi dan juga untuk navigasi. Beberapa contoh lampu yang digunakan di kapal adalah lampu navigasi, lampu sinyal, lampu sorot, dan lampu tongkang.

Peralatan Kapal : Alat Kemudi Kapal

Alat kemudi kapal berfungsi untuk mengatur arah gerak kapal hingga sampai ke tujuan. Salah satu contoh alat kemudi kapal adalah morse control. Alat ini merupakan gagang untuk mengemudikan arah jalan kapal. Morse control dapat mengatur gigi kapal untuk maju, mundur, netral. Selain itu alat ini juga bisa mengatur besaran gas.

Peralatan Kapal : Jangkar dan Aksesorisnya

Jangkar merupakan alat untuk menahan laju kapal, fungsinya adalah supaya kapal tidak terbawa arus laut. Supaya sistem penambatan kapal dapat berjalan dengan baik, dibutuhkan aksesoris jangkar yang berkualitas.

Beberapa contoh aksesoris jangkar tersebut adalah rantai jangkar, kenter jangkar, shackle jangkar, swivel  piece atau kili-kili, serta windlass atau alat penarik jangkar.

Peralatan Kapal : Alat Rigging

Fungsi alat rigging adalah untuk melakukan aktivitas mengangkat (lifting), menarik (towing) dan mengikat (lashing) barang berat. Aktivitas tersebut bertujuan untuk memindahkan barang dari satu titik ke titik lain. Kegiatan rigging banyak dijalankan oleh berbagai industri seperti migas, konstruksi, dan juga dunia perkapalan.

Beberapa contoh alat rigging antara lain adalah: chain block, chain drum, wire rope, wire clip, rantai, masterlink, turnbuckle, shackle, dll.  

Peralatan Operasional Kapal Lainnya

Selain berbagai macam alat yang sudah disebut di atas, ada juga nih beberapa alat lain yang sangat penting di kapal. Alat-alat itu antara lain: monkey ladder, pilot ladder, battery atau aki, zinc anode, chemical product, industrial power product, marine propulsion equipment, serta webbing sling dan tali tambang.

Alat Keselamatan Kapal

Mengingat kecelakaan bis terjadi di mana saja termasuk di kapal, maka alat safety kapal mutlak harus ada di setiap kapal. Contohnya adalah alat piroteknik (hand flare, rocket parachute signal, smoke signal, man overboard dan line throwing).

Selain itu juga ada berbagai alat pelampung dan aksesorisnya (life buoy, ring buoy light, life jacket, life jacket light, life jacket whistle). Kapal penolong (inflatable life raft dan rescue boat). Marine Davit crane (alat untuk mengangkat life raft atau barang lainnya).

Alat keselamatan kapal lainnya adalah sart, epirb, wind speed anemometer, ratchet belt, serta industrial safety equipment (seperti earmuff, masker, safety glasses, safety helmet, safety shoes, dll).

Alat Pemadam Kebakaran

Alat pemadam kebakaran juga harus siap siaga di kapal. Peralatan Kapal yang Mutlak Harus Ada Contoh alat pemadam kebakaran adalah: fire blanket, fire hose, fire hose box, fire hose connector, fire hose coupling, fire hose nozzle, fire hydrant cabinet.

Selain itu juga ada  fireman outfit, fireman safety shoes, marine smoke detector & heat detector, dan portable Fire Extinguisher Cylinder / APAR.

Lihat produk kami lainnya VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier Smoke Detector di jakarta dan juga menjual Heat Detector, Fireman Life Line, Fireman Axe, APAR, Fire Blanket, Fire Hose Coupling, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Fireman Rubber Boots alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang, Fireman Belt, Fireman Outfit, Fire Hydrant, Fire Hose, Fire Hose Box, Fire Hose Connector, EEBD, Fireman Helmet, Fire Hose Nozzle, GPS   dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke info@velascoindonesia.com atau sales@velascoindonesia.com Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Velasco Administrator

Velasco Administrator

Leave a Replay

PT VELASCO INDONESIA PERSADA

Distributor alat kapal, alat safety, dan alat industri dengan pelayanan terbaik di Jakarta Barat, Indonesia.

Hubungi kami di (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com

Artikel Terakhir

Artikel Terakhir