Mengenal Jenis Alat Pemadam Kebakaran

Mengenal Jenis Alat Pemadam Kebakaran

Peristiwa kebakaran dapat disebabkan oleh banyak faktor. Namun dibalik banyak faktor tersebut ada hal yang penting yang harus dilakukan yakni memadamkan api agar tidak merembet kemana-mana dan membuat kerugian yang lebih besar. Disinilah keberadaan alat pemadam kebakaran dibutuhkan. Mengenal Jenis Alat Pemadam Kebakaran Berbagai jenis alat pemadam kebakaran dibuat untuk dapat memadamkan api secara cepat. Ada tiga jenis alat pemadam kebakaran yakni  Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Alat Pemadam Api Berat (APAB) dan Alat Pemadam Api Thermatic System.

Alat pemadam kebakaran adalah sebuah media yang digunakan untuk memadamkan api saat kebakaran agar tidak menyebar dan membesar sehingga dapat mengurangi kerugian akibat peristiwa tersebut. Alat pemadam kebakaran biasanya dapat ditemui  dia area-area seperti perkantoran, sekolah, pusat perbelanjaan dan fasilitas umum lainnya. 

Keberadaan alat pemadam kebakaran sering dilihat sepele. Namun saat terjadi keadaan darurat alat pemadam kebakaran sangat penting fungsi nya. Tak Hanya digunakan untuk memadamkan api, alat pemadam kebakaran juga berguna untuk membantu evakuasi korban yang terjebak di kebakaran. 

Kelas kebakaran dan Jenis Media pemadam api 

Di Indonesia kelas kebakaran dibagi menjadi 4 jenis yang dibedakan berdasarkan sumber kebakaran.

  1. Kelas kebakaran A: kebakaran yang diakibatkan oleh benda padat seperti kayu, kertas, plastik, kain dan lainnya. 
  2. Kelas kebakaran B: kebakaran yang disebabkan karena benda cair seperti minyak, bensin, alkohol dan berbagai cairan berbahaya lainnya yang dapat memicu kebakaran
  3. Kelas kebakaran C: Kebakaran yang disebabkan karena masalah kelistrikan seperti konsleting listrik, arus pendek dan kerusakan pada instalasi.  
  4. Kelas kebakaran D: kebakaran ini umumnya disebabkan oleh bahan logam seperti aluminum, lithium dan magnesium yang terbakar.

Setelah mengetahui kelas kebakaran, kini Anda juga harus mengetahui jenis media pemadam kebakaran yang digunakan untuk memadamkan api. Sebab jika salah memilih media pemadam, maka memperlambat dalam proses pemadaman kebakaran. Berikut media pemadam kebakaran yang digunakan: 

1. Powder 

Media pemadam kebakaran ini terbuat dari campuran serbuk kimia yang terdiri dari ammonium sulfate dan Monoammonium. media prowder ini bekerja dengan cara menyelimuti sumber api sehingga pasokan oksigen yang menyebabkan kebakaran akan terputus. media powder uni sangat cocok digunakan untuk mengatasi kebakaran di kelas A,B dan C. Sayangnya media ini meninggalkan  residu, sehingga area kebakaran harus segera dibersihkan setelah api padam. 

2. Foam/ busa

Media foam ini menggunakan bahan dasar potassium acetate. Saat digunakan bahan ini akan mengeluarkan busa yang akan menutupi benda yang terbakar. Sehingga oksigen yang memicu kebakaran tidak dapat menyebar. Media from ini memiliki sifat konduktor sehingga tidak cocok untuk memadamkan kebakaran di kelas C yang diakibatkan oleh kelistrikan. Media pemadam ini hanya cocok digunakan pada kebakaran kelas A dan B. 

3. Karbon dioksida (CO2)

Seperti namanya, media pemadam api ini menggunakan karbon dioksida (CO2) yang brfungsiuntuk mengisolasi oksigen sehingga kebakaran tidak menyebar. Hal ini karena gas CO2 memiliki massa yang lebih berat dan suhu yang lebih dingin dari oksigen. Media CO2 ini cocok digunakan untuk memadamkan api kelas B dan C. 

4. Liquid Gas

Liquid gas adalah media pemadam api yang ramah lingkungan yang digunakan untuk memadamkan kebakaran kelas A, B, dan C. Alat pemadam api ini terdiri dari berbagai campuran bahan kimia dan digunakan sebagai pengganti gas halon. 

Jenis Alat pemadam Kebakaran 

Ada tiga jenis alat pemadam kebakaran yang digunakan yakni Alat Pemadam Api Ringan (APAR), Alat Pemadam Api Berat (APAB) dan Alat Pemadam Api Thermatic System. Berikut penjelasannya : 

1. Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Mengenal Jenis Alat Pemadam Kebakaran Alat Pemadam Api Ringan (APAR)

Jenis alat pemadam kebakaran satu ini pasti sudah tak asing bagi Anda. APAR memiliki bentuk tabung berwarna merah yang umumnya ditemukan di berbagai area seperti sekolah, gedung perkantoran, rumah sakit, pusat perbelanjaan dan fasilitas umum lainnya.  

Seperti namanya APAR memiliki ukuran yang ringan yakni 1 kg hingga 9 kg sehingga mudah dibawa kemana saja. APAR  digunakan untuk memadamkan api dan mengendalikan kebakaran kecil saat terjadi situasi darurat. 

APAR menggunakan media untuk memadamkan api berupa: powder, CO2/ Karbon dioksida, foam dan liquid gas. Umumnya APAR ditempatkan ditempat yang strategis dan mudah dijangkau. 

2. APAB (Alat Pemadam Api Berat)

Mengenal Jenis Alat Pemadam Kebakaran APAB (Alat Pemadam Api Berat)

Pada dasarnya APAB tidak terlalu berbeda dengan APAR. Perbedaanya hanya ada pada kapasitas dan luas jangkauannya saja. Sedangkan untuk media pemadaman api yang digunakan sama yakni powder, CO2/ Karbon dioksida, foam dan liquid gas. APAB memiliki kapasitas yang lebih besar dari APAR yakni mulai dari 20 kg hingga 100 kg. Umumnya alat ini dilengkapi dengan troli untuk memudahkan mobilitasnya dalam memadamkan api. 

Selain itu, APAB juga dilengkapi dengan silinder khusus yang disebut cartridge yang digunakan untuk menyimpan gas pendorong yang membuat APAB dapat mengeluarkan media pemadaman api dengan tekanan yang lebih besar dan dapat memadamkan api dengan jangkauan yang lebih luas. 

3. Alat Pemadam Api Thermatic

Alat Pemadam Api Thermatic

Mengenal Jenis Alat Pemadam Kebakaran Alat Pemadam api thermatic memiliki bentuk dan cara kerja yang berbeda dari APAR dan APAB. Dimana untuk jenis alat pemadam kebakaran ini memiliki bentuk seperti tabung gas 3 kg dan umumnya diletakan di plafon gedung.  

Alat pemadam api thermatic akan bekerja secara otomatis saat mendeteksi suhu yang tidak wajar di dalam ruangan. Alat ini akan otomatis aktif saat suhu ruangan mencapai  68° C. saat suhu ruangan mencapai suhu tertinggi maka  glass bulb yang berada di ujung alat ini akan pecah dan mengeluarkan media pemadaman api. Untuk media pemadaman api yang digunakan alat ini adalah media liquid gas/gas kimia cair.

Demikian informasi mengenai jenis alat pemadam kebakaran. Dengan Mengenal Jenis Alat Pemadam Kebakaran dan media pemadam api yang digunakan, maka kita dapat memilih alat pemadam yang tepat untuk proteksi kebakaran. 

PT Velasco Indonesia Persada merupakan distributor terpercaya yang menjual berbagai jenis alat pemadam kebakaran berkualitas dengan harga terbaik. Bagi Anda yang membutuhkan alat pemadam kebakaran dapat langsung menghubungi kami melalui whatsapp atau email. 

Baca Juga : Harga APAR Dan Jenis Serta Ukuran Terlengkap

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier APAR di jakarta dan juga menjual Heat Detector, Fireman Life Line, Fireman Axe, Fire Blanket, Fire Hose Coupling, Smoke Detector dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Fireman Rubber Boots alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang, Fireman Belt, Fireman Outfit, Fire Hydrant, Fire Hose, Fire Hose Box, Fire Hose Connector, EEBD, Fireman Helmet, Fire Hose Nozzle, GPS   dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke [email protected] atau [email protected] Atau lihat produk kami lainnya di sini

Velasco Administrator

Velasco Administrator

Leave a Replay

PT VELASCO INDONESIA PERSADA

Distributor alat kapal, alat safety, dan alat industri dengan pelayanan terbaik di Jakarta Barat, Indonesia.

Hubungi kami di (021) 690 530 atau [email protected]

Artikel Terakhir

Artikel Terakhir