Kawat Sling Kekuatan dan Fungsinya

Kawat Sling

Kawat Sling Kekuatan dan Fungsinya punya banyak sebutan lain, seperti tali baja atau wire rope. Selain itu alat ini sangat kuat sehingga punya banyak fungsi seperti untuk mengikat, menarik dan mengangkat barang super berat. Karena kekuatannya itulah kawat yang satu ini banyak dipakai pada aplikasi rigging.

 

Jenis Kawat Sling Berdasarkan Materialnya

Berdasarkan material pembuatannya, ada beberapa Kawat Sling Kekuatan dan Fungsinya contohnya adalah:

  • Tali baja stainless steel, tali baja yang terbuat dari stainless steel alias baja tahan karat.
  • Tali baja galvanized, yaitu tali baja yang melewati proses galvanisasi alias proses pelapisan dengan zinc supaya melindungi tali baja dari karat serta korosi.
  • Tali baja ungalvanized. Perbedaan tali baja galvanized dan ungalvanized adalah tali baja ungalvanized tidak dilapisi zinc.

 

Tipe Kawat Sling Berdasarkan Fungsinya

Memang sudah dijelaskan bahwa kawat sling atau tali baja punya fungsi untuk lifting, towing dan lashing. Tapi berdasarkan fungsinya, tali baja juga punya beberapa jenis seperti berikut ini:

  • Tali Baja General Purpose, yaitu tali baja yang digunakan umum di banyak industri.
  • Tali Baja Khusus untuk Elevator, yaitu tali baja yang didesain khusus untuk elevator atau lift. Jenis tali baja yang satu ini tentu harus memiliki WLL yang kuat serta tingkat kelenturan tinggi karena akan menempel pada katrol.
  • Tali Baja High Performance, yaitu sebuah tali baja super kuat dan dipakai khusus untuk pekerjaan ekstrim, misalnya untuk konstruksi jembatan serta pendant crane.

 

Komponen, Klasifikasi dan Konstruksi Kawat Sling

Tali baja tersusun dari 3 komponen utama yaitu sebuah core (pusat), lalu kawat (wire) dan strand (kawat yang dipilin). Nah ketiga komponen ini disusun atau dirangkat sedemikian rupa menjadi satu kesatuan tali baja yang super kuat.

Ada banyak jenis rangkaian ketiga komponen tersebut, jumlah strand-nya juga beragam, ukurannya juga berbeda-beda. Semua itu mempengaruhi tingkat kekuatan serta kelenturan sebuah tali baja. Kode yang menunjukkan jumlah strand dan wire dalam satu tali baja ditulis dalam 2 rangkaian angka. Contohnya 6×9, artinya tali baja itu punya 6 strand, dan jumlah wire masuk dalam klasifikasi 9. Lebih jelasnya tentang jumlah strand dan wire tersebut dapat dilihat pada tabel berikut ini.

Konstruksi Tali Baja

Sementara itu ada lima jenis konstruksi tali baja yang banyak digunakan. Konstruksi tali baja menjelaskan tentang bagaimana ketiga komponen itu (core, wire dan strand) disusun. Kelima konstruksi tali baja yang banyak digunakan adalah: single layer, seale, filler wire, warrington dan combined patterns. Lebih jelasnya bisa dilihat di gambar di bawah ini.

Konstruksi Tali Baja

 

Kekuatan Kawat Sling

Sudah disinggung sebelumnya bahwa jenis material, ukuran, serta konstruksi tali baja mempengaruhi kekuatan tali baja. Kekuatan sebuah tali baja dihitung dengan istilah working load limit (WLL) yaitu beban maksimal yang dapat diangkut sebuah tali baja dengan aman. Jika sebuah tali baja mengangkat beban yang lebih berat dari nilai WLL-nya, maka tali baja tersebut akan cepat rusak dan tentunya membahayakan pekerja yang menggunakannya.

Setiap kali membeli tali baja, Anda akan mendapatkan sertifikat sebagai tanda keaslian, serta buku panduan yang didalamnya terdapat penjelasan tentang WLL dari tali baja yang Anda beli. Jadi pastikan Anda menggunakan tali baja sesuai dengan kebutuhan Anda. Sebaiknya berkonsultasi dulu dengan distributor tali baja terpercaya sebelum membeli tali baja, supaya tidak salah pilih.

 

Aksesoris Kawat Sling

Kawat sling alias wire rope atau tali baja punya banyak ‘teman’ yang dipakai bersamaan. Beberapa aksesoris itu antara lain:

  • Wire clip / kuku macan. Yaitu alat untuk menahan lipatan tali baja saat membuat mata tali baja. Ada juga yang menjual mata tali baja yang sudah jadi dengan penahan mechanical splice, bukan wire clip.
  • Thimble. Yaitu alat untuk melindungi bagian lekukan mata wire rope. Bagian ini dilindungi karena akan banyak bergesekan dengan alat lain seperti shackle atau masterlink atau hook.
  • Shackle. Yaitu alat untuk mengaitkan tali baja dengan komponen lain, misalnya masterlink atau alat lain.
  • Masterlink. Yaitu alat untuk menghubungkan beberapa rangkaian tali baja menjadi satu kemudian dikaitkan ke mesin pengangkut seperti crane atau sejenisnya.

 

Silahkan kontak kami VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier Wire Rope di jakarta dan juga menjual Fireman Helmet, Fireman Outfit, EEBD, Fire Extinguisher (APAR), Fire Hydrant Valve, Fire Hose Nozzle, Fire Hose Coupling, Fire Hose Box, Fire Hose, Fire Blanket, , dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, alat safety kapal, alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang, wire rope, webbing sling, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke info@velascoindonesia.com atau sales@velascoindonesia.com

Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Velasco Administrator

Velasco Administrator

Leave a Replay

PT VELASCO INDONESIA PERSADA

Distributor alat kapal, alat safety, dan alat industri dengan pelayanan terbaik di Jakarta Barat, Indonesia.

Hubungi kami di (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com

Artikel Terakhir

Artikel Terakhir