Jenis Marine Life Saving Equipment, Apa Saja?

Jenis Marine Life Saving Equipment

Ada banyak orang menggantungkan hidupnya di atas kapal, baik sebagai penumpang, atau awak kapal. Agar keselamatan semuanya terjamin, dibutuhkan berbagai jenis alat keselamatan khusus kapal alias marine life saving equipment.

Tidak hanya sebagai alat transportasi, kapal sudah menjadi industri yang dibutuhkan banyak orang. Mulai dari masyarakat yang mudik saat lebaran, perusahaan logistik, hingga industri besar seperti minyak dan gas. Dalam setiap kegiatan tersebut ada orang-orang yang harus dijamin keselamatannya dengan alat safety kapal yang handal dan bersertifikat.

 

Apa Saja Jenis Marine Life Saving Equipment

Alat keselamatan kapal bisa dibedakan dalam beberapa kategori berikut ini:

1. Personal Life Saving Equipment (alat keselamatan perorangan)

Personal Life Saving Equipment merupakan alat keselamatan yang dipakai secara individu atau perorangan saat menyelamatkan diri. Alat-alat safety yang termasuk jenis ini yaitu:

  • Life buoy (ban pelampung): ban khusus untuk dilempar ke korban di tengah laut. Ban ini dilengkapi dengan life buoy line supaya ban pelampung dan korban bisa ditarik kembali ke kapal untuk diselamatkan. Juga ada ring buoy light supaya posisi pelampung bisa dilihat dengan mudah saat malam hari.
  • Life jacket (rompi atau jaket pelampung): pelampung berupa jaket. Ada banyak jenis life jacket sesuai dengan bahan dan fungsinya. Contohnya inflatable life jacket, working vest, dll. Jaket pelampung juga perlu dilengkapi aksesoris seperti whistle, senter atau light.
  • Immersion suit (survival suit atau pakaian keselamatan kapal): pakaian pelampung dari atas kepala sampai ujung kaki. Alat ini memungkinkan penggunanya untuk mengapung di atas air dan menjaga suhu tubuh agar tidak kedinginan.
  • Thermal protective aids (pakaian penghangat): digunakan pada korban di tengah laut yang kedinginan, fungsinya adalah untuk memberikan kehangatan agar jangan sampai terkena hipotermia.

 

2. Visual Signal Equipment (alat isyarat visual)

Alat ini merupakan jenis marine life saving equipment yang berfungsi untuk memberi tanda meminta pertolongan. Tanda yang dihasilkan berupa cahaya atau asap atau keduanya. Visual Signal Equipment umumnya juga disebut alat piroteknik.

  • Roket parachute flare: flare yang ditembakkan ke atas lalu muncul parasut, fungsinya adalah supaya sinyal flare bisa bertahan dengan waktu yang lebih lama dan lebih tinggi.
  • Red hand flare: flare yang dipakai dengan cara dipegang ke atas, untuk memberi sinyal ke tim penolong.
  • Smoke signal: digunakan dengan cara dilempar, alat ini kemudian akan memberikan sinyal berupa asap warna oranye.
  • Line throwing: berfungsi untuk menembakkan tali ke korban yang sedang tenggelam di laut, supaya bisa ditangkap dan ditarik ke atas kapal.
  • Man over board: cara pemakaiannya adalah dengan dilempar ke laut, secara otomatis alat ini akan mengeluarkan sinyal asap sekaligus lampu yang menyala untuk mengirimkan sinyal kecelakaan.

3. Survival Raft (rakit penyelamat)

Survival Raft merupakan alat safety berbentuk kapal-kapal kecil atau rakit portable yang berfungsi untuk menyelamatkan diri secara berkelompok.

  • Inflatable life raft: sekoci atau rakit penyelamat. Saat tidak digunakan, alat ini tersimpan dalam tabung warna putih. Begitu diluncurkan ke laut, ia akan terbuka otomatis dan rakit bisa dipakai oleh korban kecelakaan. Rakit penyelamat ini dilengkapi berbagai alat untuk bertahan hidup selama beberapa hari.

 

Jual Marine Life Saving Equipment

Kami berkomitmen untuk memberikan alat safety kapal dengan harga dan pelayanan terbaik. Perusahaan kami hanya jual marine life saving equipment yang bersertifikat sesuai aturan SOLAS. Kalau Anda masih bingung menentukan pilihan, silahkan langsung kontak kami agar dapat menemukan solusinya.

 

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat safety kapal seperti life jacket, red hand flare, immersion suit, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta.

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat pemadam kebakaran, alat rigging, jangkar kapal, tali tambang, wire rope, webbing sling, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke info@velascoindonesia.com atau sales@velascoindonesia.com

Velasco Administrator

Velasco Administrator

Leave a Replay

PT VELASCO INDONESIA PERSADA

Distributor alat kapal, alat safety, dan alat industri dengan pelayanan terbaik di Jakarta Barat, Indonesia.

Hubungi kami di (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com

Artikel Terakhir

Artikel Terakhir