0
  CONTACT US by WHATSAPP
Cara Pakai Life Raft
27
Sep
Cara Pakai Life Raft Alat Safety
Sep 27, 2020By Velasco Indonesia

Ketika terjadi kecelakaan kapal, berbagai alat keselamatan kapal dikerahkan. Ada yang berfungsi sebagai personal flotation device (PFD) seperti life jacket, ring buoy, dll. Ada juga alat piroteknik yang berfungsi untuk memberi sinyal darurat. Ada juga alat safety kapal yang digunakan untuk evakuasi awak dan penumpang kapal, yaitu inflatable life raft. Cara pakai life raft cukup mudah dan dapat dilakukan dengan dua cara yaitu manual dan otomatis.

Life raft sering juga disebut dengan rakit penolong. Bentuknya seperti kapal kecil terbuat dari karet yang mengembang dengan udara dan dilengkapi dengan berbagai alat yang memungkinkan penggunanya dapat bertahan selama 30 hari di laut.

Ketika belum dipakai, alat safety kapal yang satu ini tersimpan rapih dalam wadah berwarna putih yang bentuknya seperti kapsul atau tabung. Supaya tidak bergerak-gerak, life raft ini diikat dengan ratchet belt dan dipasang hydrostatic release unit (hru for life raft) pada bagian ujungnya.

Cara Pakai Life Raft

Kapsul putih life raft akan terbuka secara otomatis ketika menyentuh air laut. Setelah terbuka, life raft akan muncul dan mengembang dengan sendirinya dan siap digunakan untuk evakuasi korban kecelakaan kapal. Namun sebelum menggunakan life raft, penumpang dan awak kapal yang akan dievakuasi sudah harus dalam keadaan siap ya.

Sederhananya, cara pakai life raft ada dua, yaitu manual dan otomatis. Cara pertama digunakan ketika seluruh awak dan penumpang kapal sudah siap meninggal kan kapal. Maka lepaskan ikatan kapsul putih life raft lalu lemparkan ke laut. Setelah life raft mengembang, penumpang kapal dapat turun ke life raft dengan cara melompat atau dengan menggunakan tangga kapal.

Cara kedua adalah cara otomatis. Dengan dipasangnya hru, maka kapsul life raft akan otomatis terlepas dari kapal ketika kapal tenggelam. Tekanan air akan memicu hru memutus tali pengikat kapsul life raft sehingga life raft dapat bergerak ke atas permukaan air dan mengembang menjadi rakit apung dan siap digunakan.

Setelah para korban sudah masuk ke dalam life raft, segera dayung life raft menjauhi kapal lalu nyalakan SART dan EPIRB untuk mengirim sinyal satelit tanda darurat. Selain itu gunakan juga alat piroteknik yang tersedia seperti smoke signal, hand flare dan rocket parachute untuk mengirimkan sinyal darurat berupa asap dan cahaya ke kapal lain.

Mau diskusi lebih banyak tentang alat keselamatan kapal? Yuk diskusi di Forum Distributor Alat Kapal.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat keselamatan kapal. Kami jual alat piroteknik seperti man over board, smoke signal, parachute signal. Velasco Indonesia juga melayani pembelian ring buoy, rescue boat, life jacket atau jaket pelampung, life jacket light, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada  sebagai distributor alat keselamatan kapal/alat safety, alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang dan wire rope dengan pelayanan terbaik. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com