Jenis dan Cara Kerja Heat Detector Pada Instalasi Fire Alarm

Jenis dan Cara Kerja Heat Detector Pada Instalasi Fire Alarm

Ada beberapa jenis detektor yang sering digunakan dalam sistem instalasi kebakaran, salah satunya adalah heat detector. Seperti namanya, alat ini mendeteksi panas saat terjadi kebakaran dan sering digunakan sebagai pengganti smoke smoke detector di gedung, rumah, pabrik, restoran, dapur umum, dan bangunan lainnya. Lantas bagaimana Jenis dan Cara Kerja Heat Detector Pada Instalasi Fire Alarm ? 

Apa itu heat detector?

Heat detector merupakan alat pendeteksi kebakaran yang bekerja dengan cara memindai suhu panas yang ada di dalam ruangan tempat alat berada. Apabila  alat ini mendeteksi adanya kenaikan suhu panas hingga  60°C,  maka heart detector akan langsung terhubung dengan alarm yang akan mengeluarkan bunyi untuk memperingati orang di lingkungan tersebut. 

Selain terhubung ke alarm, heat detector juga terhubung ke  fire sprinkler. Fire sprinkler sendiri merupakan sistem pemadam kebakaran yang bekerja dengan cara memancarkan air ke seluruh penjuru sesaat fire alarm berbunyi.  Hal ini bertujuan agar sumber api tidak membesar atau tidak menyebar sehingga dapat meminimalisir resiko akibat kebakaran.  

Jenis dan Cara Kerja Heat

Ada dua jenis heat detector yang biasa dijual di pasaran yakni Rate of Rise (ROR) Heat Detector dan Fixed Temperature Heat Detector. Kedua jenis ini dibedakan berdasarkan cara kerjanya. Berikut penjelasannya:

1. Rate of Rise (ROR) 

Rate of Rise (ROR) merupakan jenis heat detector yang mendeteksi kebakaran ketika terjadi lonjakan suhu panas yang melebihi dari suhu normal. Jenis heat detector ini bekerja dengan menggunakan sistem termistor atau thermocouple yang sangat sensitif terhadap suhu panas. 

Dalam waktu satu menit, ROR dapat mendeteksi kenaikan suhu panas hingga 12°C. Biasanya, jika suhu di dalam ruangan telah mencapai 55°C – 63 ° maka sensor akan aktif dan memberikan sinyal kepada fire alarm untuk mengeluarkan bunyai. Sementara itu untuk area jangkauannya, ROR dapat mendeteksi di area dengan luas mencapai 50 m2. Namun jangkauan area ini dapat berkurang jika heat detector di letakan di  di plafon yang lebih tinggi. ROR sangat cocok digunakan di ruangan yang memiliki suhu normal seperti kantor, kamar, rumah sakit dan lainnya.

2. Fixed Temperature 

Fixed Temperature bekerja dengan cara membandingkan suhu ruangan dengan suhu maksimal yang telah ditentukan atau dicatat oleh sistem. Dalam kata lain, heat detector ini tidak akan mengirimkan sinyal ke fire alarm jika suhu ruangan di bawah suhu maksimal  yang telah ditetapkan. 

Sebagai contoh misalnya suhu ruangan 40°C dan suhu maksimal yang dicatat di sistem 50°C. Jika menggunakan ROR heat detector maka kenaikan suhu ke  40°C ini akan langsung mengaktifkan alarm. 

Hal ini justru berbanding terbalik jika menggunakan Fixed Temperature. Dimana, suhu 40°C ini tidak akan memicu alarm karena suhu maksimal di bawah 50°C. Umumnya, suhu maksimal yang dapat memicu Fixed Temperature mengaktifkan alarm yakni pada suhu sekitar 135°C.  

Sedangkan untuk area deteksinya dapat sejauh  30 m2 jika di pasang di plafon setinggi 4 m. Oleh karena itu fixed detector sering digunakan di ruangan yang memiliki resiko kebakaran tinggi seperti dapur,  ruang mesin, atau ruang beruap.

Perlu diingat bahwa Jenis dan Cara Kerja Heat Detector Pada Instalasi Fire Alarm detektor ini tidak dimaksudkan untuk melindungi diri atau mencegah kebakaran. Ini karena detektor tidak dijual bersama dengan sprinkler otomatis atau alat pemadam kebakaran lainnya. Salah satu fitur utama alat ini adalah pemindai suhu, yang memungkinkan Anda segera mengidentifikasi titik api yang tidak biasa di rumah Anda.

Sebagai distributor alat pemadam kebakaran

PT Velasco Indonesia Persada menjual heat detector berkualitas dengan harga yang kompetitif. Segera hubungi kami dan dapatkan pelayanan dan harga terbaik dari kami.

Baca Juga : Jual Heat Detector Alat Pendeteksi Panas

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier Heat Detecto di jakarta dan juga menjual Fireman Life Line, Fireman Axe, APAR, Fire Blanket, Fire Hose Coupling, Smoke Detector dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Fireman Rubber Boots alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang, Fireman Belt, Fireman Outfit, Fire Hydrant, Fire Hose, Fire Hose Box, Fire Hose Connector, EEBD, Fireman Helmet, Fire Hose Nozzle, GPS   dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke [email protected] atau [email protected] Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Velasco Administrator

Velasco Administrator

Leave a Replay

PT VELASCO INDONESIA PERSADA

Distributor alat kapal, alat safety, dan alat industri dengan pelayanan terbaik di Jakarta Barat, Indonesia.

Hubungi kami di (021) 690 530 atau [email protected]

Artikel Terakhir

Artikel Terakhir