Jangkar Kodok, Alat Penambat Kapal

Jangkar Kodok

Setiap kapal memerlukan jangkar sebagai alat penambat. Salah satu jenis jangkar yang paling populer digunakan adalah stockless hall anchor atau di Indonesia dikenal dengan nama Jangkar Kodok Alat Penambat Kapal.

Secara struktur, jangkar yang satu ini terdiri dari:

  • Ring shackle atau D-schackle, yaitu penghubung antara jangkar dengan rantai jangkar.
  • Shank, yaitu bagian tiang jangkar.
  • Arm, lengan jangkar yang melekat pada shank.
  • Fluke, semacam telapak dari lengan jangkar.
  • Bill / Pea, bagian paling ujung dari lengan jangkar.
  • Tripping palm, berada di bawah lengan, di titik ini lengan dapat bergerak hingga 45 derajat ke depan dan ke belakang.
  • Crown, bagian paling dasar dari jangkar.

Cara Kerja dan Fungsi Jangkar Kodok

Stockless hall anchor berfungsi untuk menambatkan kapal supaya tidak bergerak. Ketika diturunkan, bagian lengan jangkar akan menyesuaikan posisi di dasar laut.

Jangkar ini memiliki engsel yang memungkinkan lengannya bergerak fleksibel untuk mencengkram permukaan laut secara maksimal. Sehingga ketika ada arus laut atau angin yang kencang, kapal tidak akan bergerak terlalu jauh dari titik tambat.

Ketika menjalankan fungsinya, stockless hall anchor dilengkapi dengan aksesoris jangkar seperti rantai jangkar, swivel piece alias kili-kili, segel jangkar, joining shackle, hingga alat penarik jangkar kapal atau windlass.

Jenis jangkar ini biasanya digunakan pada kapal berukuran menengah seperti kapal pengangkut, kapal konvensional dan kapal komersil.

Spesifikasi Jangkar Kodok

Stockless hall anchor biasanya terbuat dari stainless steel dengan finishing hot dip galvanized atau black painting. Tersedia ukuran mulai dari 40 kg hingga puluhan ribu kg sesuai dengan kebutuhan.

Jangkar kodok yang berkualitas dibuktikan dengan sertifikasi, contohnya adalah sertifikasi CCS (China Classification Society). Karena itu pastikan beli jangkar yang memiliki sertifikat dan jangan lupa cocokkan nomor di kertas sertifikat dengan yang ada di fisik jangkar.

Kelebihan Jangkar Kodok

Setiap alat kapal punya kelebihan dan kekurangan masing-masing, begitu pula dengan jangkar yang satu ini. Kelebihan jangkar kodok adalah cocok dengan banyak karakter permukaan dasar laut, mulai dari yang berpasir, berlumpur, berbatu, dll.

Material dan desain jangkar tipe stockless hall ini juga sangat kuat sehingga punya kemampuan mencengkram yang baik, walau di area berkarang sekalipun. Jangkar tipe ini juga mudah disimpan dan dioperasikan.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor Jangkar Kodok Alat Penambat Kapal dan aksesoris jangkar kapal bersertifikat seperti rantai jangkar, swivel atau kili-kili, shackle, kenter jangkar, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. 

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat safety kapal, alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang, wire rope, webbing sling, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke info@velascoindonesia.com atau sales@velascoindonesia.com

Velasco Administrator

Velasco Administrator

Leave a Replay

PT VELASCO INDONESIA PERSADA

Distributor alat kapal, alat safety, dan alat industri dengan pelayanan terbaik di Jakarta Barat, Indonesia.

Hubungi kami di (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com

Artikel Terakhir

Artikel Terakhir