0
  CONTACT US by WHATSAPP
Fungsi Rantai Jangkar
16
Oct
Fungsi Rantai Jangkar pada Kapal Laut
Oct 16, 2020By Velasco Indonesia

Sistem penambatan sangat penting bagi setiap kapal, apa pun jenis kapalnya. Sebab dengan sistem penambatan kapal yang baik, maka kapal dapat stabil berada di satu titik dan tidak terombang ambing terbawa arus laut. Untuk itu dibutuhkan jangkar kapal dan aksesoris jangkar kapal yang mumpuni. Salah satunya aksesorisnya adalah rantai jangkar. Fungsi rantai jangkar adalah untuk menghubungkan antara kapal dengan jangkar kapal.

Fungsi Rantai Jangkar

Seperti kita ketahui, jangkar membutuhkan rantai untuk dapat menjalankan sistem penambatan kapal. Rantai jangkar, khususnya yang dipakai pada kapal-kapal besar (misalnya kapal feri, kapal kontainer, atau kapal tongkang, dll) biasanya punya spesifikasi sendiri yang berbeda dengan rantai-rantai lain.

Rantai jangkar atau anchor chain punya karakteristik yang kuat, tahan karat, dan biasanya terbuat dari baja. Rantai ini punya 2 grade yang banyak dipakai yaitu grade U2 dan U3. Perbedaan antara kedua grade tersebut ada pada kepadatan material baja yang terkandung di dalamnya.

Rantai jangkar grade U3 memiliki tingkat kepadatan yang lebih tinggi, karena itu ia lebih kuat. Namun harganya lebih mahal dibanding rantai jangkar grade U2.

Perbedaan signifikan antara rantai jangkar dengan rantai lainnya adalah adanya stud link atau sambungan di bagian tengah pada setiap mata rantainya. Stud link ini sengaja dibuat karena rantai jangkar berpotensi terpelintir saat terkena arus di bawah laut. Jadi stud link pada rantai jangkar ini berfungsi untuk mencegah terjadinya twist pada sistem penambatan kapal.

Fungsi Rantai Jangkar dan Aksesoris Jangkar Lainnya

Selain rantai jangkar, ada juga beberapa aksesoris jangkar kapal lainnya yang tidak kalah penting seperti kili-kili, segel jangkar, kenter jangkar, alat penarik jangkar kapal, dan tentunya jangkar kapal itu sendiri. Masing-masing alat saling menopang untuk dapat menambatkan kapal dengan baik.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor jangkar kapal dan aksesoris jangkar kapal seperti rantai jangkar, swivel atau kili-kili, shackle, kenter jangkar, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. 

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat safety kapal, alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang, wire rope, webbing sling, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com