0
  CONTACT US by WHATSAPP
Chain Block
09
Jan
Chain Block Alat Lifting Merk Power dan Kondo
Jan 09, 2021By Velasco Indonesia

Chain block adalah salah satu alat lifting yang banyak dipakai di berbagai industri antara lain industri perkapalan, konstruksi, tambang, migas, otomotif, dll. Artikel ini akan membahas lengkap tentang apa itu chain block, keunggulannya, hingga cara pakainya.

Apa Itu Chain Block

Chain block berfungsi untuk menaikkan dan menurunkan beban secara vertikal. Alat ini dapat disambungkan ke instalasi troli yang dapat menggeser chain block (beserta barang yang diangkutnya) secara horizontal. Umumnya chain block dioperasikan secara manual, namun ada juga yang disambungkan ke mesin sehingga dapat bekerja secara elektrik/otomatis.

Komponen alat lifting yang satu ini terdiri dari rantai sebagai komponen utama, ada hand chain dan load chain. Komponen lainnya yang juga penting adalah hoist/pulley alias katrol, alat ini memang bekerja dengan sistem katrol sehingga memungkinkan beban ribuan kilo dapat diangkat dengan tangan manusia seorang diri. Di dalamnya terdapat juga gear alias roda gerigi yang menggerakkan sistem katrol dalam alat ini. 

Komponen berikutnya adalah hook, ada upper hook dan ada lower hook. Upper hook berada di atas, digunakan untuk mengaitkan chain block ke benda lain yang dapat membuat alat ini menggantung dengan aman. Lower hook ada di bagian bawah, berfungsi untuk mengaitkan alat ini dengan benda yang hendak diangkat.

Keunggulan Chain Block

Alat lifting ini menjadi andalan bukan tanpa sebab, beberapa kelebihannya antara lain adalah:

  • Berukuran kecil namun dapat mengangkat beban hingga puluhan bahkan ratusaan ton (tergantung pada spesifikasi dan instalasinya).
  • Ringan, sehingga mudah dipindahkan.
  • Dapat dioperasikan dengan mudah hanya oleh satu orang saja.
  • Tidak membutuhkan listrik sehingga tidak repot bergantung pada sumber listrik (untuk jenis manual).

Cara Pakai Chain Block

Sederhananya, cara menggunakan chain block adalah dengan mengaitkan load chain ke beban yang akan diangkat, kemudian tarik hand chain hingga beban terangkat. Untuk menurunkan barang, tarik hand chain ke arah yang berlawanan. Mudah kan?

Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya alat lifting ini tidak membahayakan:

  • Pastikan alat lifting yang satu ini dioperasikan oleh orang yang sudah berpengalaman. Apabila belum berpengalaman, harus didampingi oleh ahlinya supaya paham betul cara menggunakannya.
  • Cek kondisi fisik dahulu sebelum menggunakan alat ini. Keunggulan rantai adalah mudah diidentifikasi apabila ada kerusakan, sehingga dapat dilakukan langkah penggantian material.
  • Perhatikan beban barang dan kapasitas angkutnya, jangan sampai kelebihan beban walau hanya beberapa kilo saja!
  • Beban yang diangkut harus berada persis di bawah alat ini. Jangan sampai miring, karena akan memberikan efek seperti pendulum yang bisa merusak alat ini (serta merusak barang yang diangkut).
  • Tarik hand chain secara perlahan sambil memperhatikan benda yang diangkat. Hal ini penting untuk menghindari twist pada rantai yang dapat merusak alat.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA jual chain block merk Power dan Kondo dengan kualitas terbaik. Velasco Indonesia adalah distributor alat lifting seperti chain block, wire rope sling, webbing sling, chain sling, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat safety kapal, alat rigging, tali mooring, tali tambang, wire rope, webbing sling, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com