Apa Itu Self Contained Breathing Apparatus (SCBA)

Self Contained Breathing Apparatus

Self Contained Breathing Apparatus alias SCBA adalah alat bantu pernafasan mandiri yang digunakan dalam keadaan darurat. Misalnya saat terjadi kebakaran. PT Velasco Indonesia Persada jual SCBA dengan harga terbaik.

Sebagai salah satu alat keselamatan, self contained breathing apparatus (SCBA) berfungsi untuk memberikan oksigen bagi penggunanya. Tujuannya agar bisa bergerak optimal di tengah kontaminasi udara seperti kebakaran atau gas beracun yang bocor.

Dalam pengaplikasiannya, SCBA biasanya digunakan oleh petugas pemadam kebakaran (damkar), awak kapal dan lain sebagainya. Alat ini umumnya disediakan di beberapa tempat umum seperti di kapal, gedung bertingkat, pabrik dan lain-lain untuk dapat digunakan sewaktu-waktu.

SCBA tidak hanya dipakai oleh petugas damkar melainkan juga oleh para pekerja yang menangani bahan berbahaya atau beroperasi di zona yang terkontaminasi seperti di pabrik-pabrik yang mengolah bahan kimia. Penggunaan SCBA di lingkungan kerja seperti ini sangat diwajibkan dan umumnya telah menjadi bagian dari kebijakan atau Standard Operation Procedure (SOP).

Baca juga: Jual SCBA – Self Contained Breathing Apparatus di jakarta

Komponen-komponen SCBA

Pada umumnya sebuah self contained breathing apparatus  standar terdiri dari empat komponen utama yaitu:

1. Face Piece Assembly

Face piece assembly merupakan penutup wajah yang dilengkapi dengan selang yang terhubung ke sumber udara.

2. Air Cylinder Assembly

Air cylinder assembly merupakan tabung yang berisi udara pernapasan yaitu udara terkompresi atau bahan kimia penghasil oksigen.

3. Regulator Assembly

Regulator assembly merupakan alat untuk melihat ketersediaan udara pernapasan yang ada di tabung. Alat ini juga dipakai untuk mengatur jumlah aliran udara yang keluar dari tabung.

4. Backpack dan Harness

Backpack dan harness merupakan komponen yang berfungsi sebagai tempat untung meletakan dan mengaitkan tabung udara pada punggung penggunanya agar aman dan nyaman saat SCBA digunakan.

 

Harga Self Contained Breathing Apparatus

Di pasaran, ada banyak perusahaan yang jual self contained breathing apparatus (SCBA). Salah satu merk yang terkenal adalah Hypro China. Alat keselamatan ini dijual dengan berbagai ukuran tabung oksigen. Ada yang ukuran 5 liter, 6 liter, hingga 6,8 liter. Lebih besar ukurannya, maka lebih lama pula durasinya.

Bicara soal harga SCBA, tentu akan sangat bergantung pada banyak faktor. Seperti merk, ukuran, serta kuantiti pembelian. Untuk mendapatkan harga terbaik, silahkan menghubungi sales kami.

 

SCBA Alat Keselamatan Kapal

Sesuai dengan standar keselamatan internasional yang diatur dalam SOLAS, setiap kapal diwajibkan memiliki self contained breathing apparatus. Di kapal, SCBA digunakan contohnya saat awak kapal harus memperbaiki atau mengecek kerusakan pada ruangan-ruangan yang berpotensi mengandung zat berbahaya. Seperti di ruang mesin dan bahan bakar.

 

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor marine life saving equipment seperti work vest, inflatable life jacket, ban pelampung, life raft, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta.

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat safety kapal, alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang, wire rope, webbing sling, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke info@velascoindonesia.com atau sales@velascoindonesia.com

Velasco Administrator

Velasco Administrator

Leave a Replay

PT VELASCO INDONESIA PERSADA

Distributor alat kapal, alat safety, dan alat industri dengan pelayanan terbaik di Jakarta Barat, Indonesia.

Hubungi kami di (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com

Artikel Terakhir

Artikel Terakhir