0
  CONTACT US by WHATSAPP
Ring Buoy
13
Sep
Ring Buoy Alat Safety Kapal Laut
Sep 13, 2020By Velasco Indonesia

Bentuknya bulat seperti ban, warnanya oranye mencolok, ia sering terlihat di pinggir kapal atau pinggir pantai, hobinya menyelamatkan orang yang nyaris tenggelam di laut. Inilah ring buoy. Orang sering juga menyebutnya dengan life buoy atau ban pelampung kapal.

Ring buoy adalah salah satu alat safety kapal yang mudah digunakan dan memungkinkan penggunanya tetap mengapung di atas permukaan laut. Alat ini sengaja diberi warna oranye mencolok, atau warna terang lainnya, supaya mudah ditemukan oleh regu penolong.

Ring Buoy Menurut SOLAS

Sama seperti alat keselamatan kapal pada umumnya, life buoy ini juga memiliki standar internasional sesuai dengan regulasi SOLAS alias Safety of Life at Sea.

  • Terletak di tempat-tempat yang mudah dijangkau di kedua sisi kapal, di semua geladak terbuka yang memanjang ke sisi kapal, dan setidaknya satu harus ditempatkan di dekat buritan.
  • Harus dipasang sedemikian rupa sehingga saat hendak digunakan, life buoy mudah dilepas dan dilemparkan ke korban yang membutuhkan.
  • Ukuran diameter luar tidak lebih dari 800 mm dan diameter dalam minimal 400 mm.
  • Terbuat dari material yang tidak memudar dan tidak mudah hancur. Biasanya lifebuoy dibuat dari foamed polystyrene, foam rubber atau busa sintetik lainnya yang tidak menyerap air.
  • Memiliki berat minimal 2,5 kg.
  • Tahan panas dan tidak meleleh ketika diselimuti api penuh selama 2 detik.
  • Setidaknya setengah dari jumlah total lifebuoy harus dilengkapi dengan lampu dan sinyal asap.
  • Lifebuoy dengan lampu dan sinyal asap harus didistribusikan secara merata di kedua sisi kapal.

Aturan jumlah lifebuoy untuk kapal cargo sesuai aturan SOLAS adalah sebagai berikut (kapal jenis lain menyesuaikan):

  • Panjang kapal hingga 100 meter, minimal 8 lifebuoy
  • Panjang kapal antara 100 hingga 150 meter, minimal 10 lifebuoy
  • Panjang kapal antara 150 hingga 200 meter, minimal 12 lifebuoy
  • Panjang kapal lebih dari 200 meter, minimal 14 lifebuoy

Aksesoris Ring Buoy

Seperti dijelaskan di atas, beberapa ban pelampung kapal harus dilengkapi dengan lampu dan sinyal asap. Lampu dapat berupa ring buoy light yang dikaitkan bersamaan dengan ban pelampung tersebut.

Selain itu ada man overboard (MoB), yaitu alat piroteknik yang biasanya menempel pada lifebuoy. Alat ini juga dikaitkan ke lifebuoy dengan tali. Ketika jatuh ke laut, secara otomatis man overboard akan naik ke permukaan dan mengeluarkan sinyal asap berwarna oranye serta lampu darurat.

Selain kedua aksesoris di atas, juga ada aksesoris lain yaitu bracket yang berfungsi sebagai tempat menaruh lifebuoy. Bracket biasanya terbuat dari stainless steel dan didesain khusus untuk menyimpan ring buoy. Selain dalam bentuk bracket, tempat simpan lifebuoy juga bisa berupa cabinet atau lemari khusus.

Perawatan dan Masa Kadaluarsa Ring Buoy

Tidak ada aturan khusus mengenai masa kadaluarsa ring buoy, namun inspeksi secara berkala wajib dilakukan. Periksalah kondisi fisik lifebuoy apakah masih dapat mengapung dengan baik, apakah ada tanda-tanda kerusakan seperti retak atau sobek. Selain itu, aksesoris lifebuoy seperti ring buoy light, man overboard dan tempat penyimpanan lifebuoy juga perlu diperiksa apakah masih berfungsi dengan baik. Jangan ragu untuk segera melakukan penggantian apabila ada kerusakan.  

Mau diskusi lebih banyak tentang alat keselamatan kapal? Yuk diskusi di Forum Distributor Alat Kapal.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat keselamatan kapal. Kami jual alat piroteknik seperti man over board, smoke signal, parachute signal. Velasco Indonesia juga melayani pembelian rescue boat, life jacket atau jaket pelampung, life jacket light, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada  sebagai distributor alat keselamatan kapal/alat safety, alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang dan wire rope dengan pelayanan terbaik. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com