0
  CONTACT US by WHATSAPP
Perbedaan Webbing Sling
22
Oct
Perbedaan Webbing Sling dan Sling Lainnya
Oct 22, 2020By Velasco Indonesia

Dunia alat berat membutuhkan sling sebagai salah satu alat bantunya. Apa itu sling? Sling adalah salah satu alat rigging, bisa berupa chain sling, wire rope sling, atau webbing sling, yang mengaitkan barang super berat yang hendak diangkat atau dipindahkan. Dalam artikel ini akan lebih fokus dibahas tentang webbing sling. Tepatnya tentang perbedaan webbing sling dengan jenis sling lainnya.

Perbedaan Webbing Sling dengan Chain Sling

Perbedaan yang paling menonjol dari kedua alat ini adalah materialnya. Webbing sling terbuat dari bahan serat sintetis seperti nilon atau polyester. Sementara chain sling tentunya terbuat dari rantai baja, ada yang digalvanisasi, ada yang tidak, ada juga jenis stainless steel.

Perbedaan menonjol lainnya adalah dari segi berat alat. Material chain sling membuat alat rigging yang satu ini jadi super berat. Sementara berat webbing sling jauh lebih ringan. Namun tentu dari segi kekuatan juga berbeda jauh. Pastinya chain sling punya kekuatan yang jauh lebih tinggi dibanding dengan webbing sling.

Material dan kekuatan webbing sling dibandingkan chain sling tersebut juga membuat adanya perbedaan dari segi harga. Dengan material dan kekuatan seperti dijelaskan di atas, tentu membuat harga chain sling lebih mahal dibanding webbing sling.

Namun apakah itu semua membuat chain sling lebih unggul dibandingkan dengan webbing sling? Tunggu dulu.

Perbedaan Webbing Sling dengan Wire Rope Sling

Selanjutnya mari kita bahas tentang bedanya webbing sling dengan wire rope sling. Dari segi material, kedua alat ini tentu berbeda. Webbing sling terbuat dari material sintetis, sementara itu wire rope sling terbuat dari kawat baja, ada yang digalvanisasi dan ada yang tidak.

Dari segi elastisitas, webbing sling lebih unggul dibanding wire rope sling. Kenapa? Karena sling yang satu ini sangat fleksibel hingga dapat mengikuti bentuk lekukan benda yang hendak diangkatnya. Tekstur webbing sling yang lebih lembut dibanding wire rope juga membuat benda yang diangkut jadi aman dari kerusakan akibat goresan atau gesekan.

Namun dari segi kekuatan, secara umum wire rope memang lebih unggul. Walaupun tergantung pada ukurannya, namun kekuatan maksimal webbing sling tidak dapat melampaui kekuatan maksimal wire rope sling.

Lantas apakah webbing sling lebih baik dibanding dengan wire rope sling? Tunggu dulu.

Kesimpulan dari Perbedaan Webbing Sling dengan Sling Lainnya

Semoga penjelasan tentang perbedaan sling di atas dapat memberi gambaran umum tentang kelebihan dan kelemahan masing-masing sling. Jadi dapat disimpulkan bahwa tidak ada satu sling yang terbaik dan dapat digunakan untuk mengangkut semua benda dalam berbagai kondisi. Sling terbaik adalah sling yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Dalam kondisi tertentu, webbing sling bisa jadi pilihan terbaik, tapi bisa juga sebaliknya. Pastikan Anda membeli sling yang tepat sesuai dengan kebutuhan Anda.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat rigging seperti wire rope sling, webbing sling, chain sling, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. 

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat safety kapal, alat lifting, tali mooring, tali tambang, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com