Perbedaan Inflatable Life Raft dan Lifeboat

Perbedaan Inflatable Life Raft dan Lifeboat

Setiap jenis kapal baik kapal kargo maupun kapal penumpang wajib dilengkapi berbagai jenis alat keselamatan kapal yang memadai serta dalam kondisi yang baik. Hal ini penting, agar saat terjadi kecelakaan alat keselamatan tersebut dapat berfungsi dengan optimal. Ada dua alat keselamatan kapal yang bentuknya seperti perahu yakni inflatable life raft dan lifeboat. Meski memiliki fungsi yang sama namun keduanya punya sejumlah perbedaan baik dari bentuk maupun cara pengoperasiannya.  Kali ini kami akan membahas perbedaan inflatable life raft dan lifeboat. 


Inflatable life raft dan lifeboat merupakan salah satu alat keselamatan kapal yang termasuk ke dalam survival craft. Survival craft sendiri adalah pesawat keselamatan yang digunakan untuk mengevakuasi korban saat keadaan darurat seperti kapal terbakar atau tenggelam. Kedua alat ini dirancang agar penggunaannya dapat bertahan dalam waktu yang lama hingga tim penyelamat datang. 

Inflatable life raft

Inflatable life raft atau yang sering disebut juga rakit penolong. Alat ini terbuat dari bahan karet yang disimpan dalam sebuah kapsul berwarna putih yang umumnya ditempatkan di geladak kapal. Inflatable life raft umumnya dilengkapi dengan  Hydrostatic Release Unit (HRU). HRU ini berfungsi untuk melepaskan dan membuat life raft berkembang secara otomatis saat dijatuhkan kedalam air. Jadi, ketika keadaan darurat, kapsul putih ini akan dijatuhkan ke laut. Setelah kedalaman 4 meter di bawah permukaan laut,  HRU akan bekerja dan membuat inflatable life raft terbuka dan mengembang secara otomatis sehingga siap untuk digunakan untuk evakuasi korban. 

Ada beberapa ukuran Inflatable life raft, yang umumnya dapat menampung 6-26 orang. Selain itu, juga dilengkapi sejumlah alat keselamatan kapal lain seperti Thermal protective aidEmergency food & drink, EPIRB, SART , obat-obatan dan berbagai jenis jenis alat piroteknik

Lifeboat 

Lifeboat yang disebut juga sekoci merupakan sebuah perahu berukuran kecil yang umumnya ditempatkan di kanan dan kiri kapal. Lifeboat memiliki kapasitas yang disesuaikan dengan jumlah penumpang kapal. Untuk bahan yang digunakan pembuatan lifeboat adalah kayu atau bahan fiberglass. 

Lifeboat umumnya ditenagai oleh mesin atau motor namun ada juga yang menggunakan dayung. Dalam proses penurunan atau peluncuran lifeboat ini membutuhkan alat yang disebut dengan dewi-dewi atau davits. Dengan alat ini, proses peluncuran atau penurunan lifeboat akan lebih mudah dan cepat. Sama seperti inflatable life raft, juga dilengkapi dengan sejumlah alat keselamatan lainnya seperti emergency food & drink, obat-obatan dan lainnya.

Perbedaan Inflatable life raft dan life boat 

Perbedaan yang paling terlihat antara kedua alat ini adalah dari bahan, bentuk dan cara pengoperasiannya. Berikut perbedaan kedua alat keselamatan ini:

  • Material Pembuatan 

Inflatable life raft terbuat dari bahan karet berkualitas yang dapat mengapung dan tahan terhadap ombak dan lainnya. Sedangkan life boat terbuat dari material fiberglass. 

  • Bentuk 

Lifeboat memiliki bentuk seperti perahu berukuran kecil. Lifeboat ini ada yang tertutup namun ada juga yang terbuka. Sedangkan Inflatable life raft, tersimpan di dalam sebuah kapsul dan saat dibuka alat ini akan mengembang dan memiliki bentuk bulat dan aja juga persegi panjang. 

  • Cara Pengoperasiannya

Inflatable life raft umumnya dilengkapi dengan Hydrostatic Release Unit (HRU). Saat terjadi kecelakaan, liferaft akan dilemparkan ke laut, lalu dalam kedalaman 4 meter, HRU akan otomatis bekerja dan membuat liferaft berkembang dan siap digunakan. Setelah itu, satu persatu korban akan lompat lalu berenang mendekati dan menaiki liferaft. 

Sedangkan lifeboat diluncurkan atau diturunkan dengan menggunakan alat yang disebut dewa-dewi atau davits. Berbeda dengan liferaft, sebelum life boat di turunkan, penumpang harus naik terlebih dahulu ke dalam lifeboat.  

Itulah perbedaan antara inflatable life raft dan lifeboat. Meskipun memiliki sejumlah perbedaan, namun kedua alat ini memiliki peranan yang sangat penting dalam menjamin keselamatan korban. Bagi Anda yang membutuhkan alat keselamatan kapal, Anda dapat menghubungi kami melalui whatsapp atau email yang tertera. Kami menjual berbagai jenis alat keselamatan kapal mulai dari inflatable life raft, life buoy, life jacket dan lainnya dengan kualitas dan harga terbaik.

Baca Juga : Jual Life Raft dengan Harga Terjangkau 

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor dan Supplier Alat Safety Kapal  di jakarta dan juga menjual Life Jacket Light Battery, Immersion Suit, Whistle Life Jacket, Life Jacket with Whistle, Inflatable Life Jacket  dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. Kami juga menjual alat kapal, Life Jacket Marine, Working Vest, Life Buoy Line, Ring Buoy Light, Ring Buoy Solas, Flotation Safety Knife, SCBA – Self Contained Breathing Apparatus, Thermal Protective Aid, First Aid Kit, Emergency Food & Drink, Pelican Hook, HRU For Epirb, HRU For Life Raft, Inflatable Life Raft, Imo Sign, Binocular  Lihat produk kami lainnya di sini. Rantai, rigging, wire rope, alat keselamatan kapal, peralatan safety, chemical product Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke [email protected] atau [email protected] Atau lihat produk kami lainnya di sini.

Velasco Administrator

Velasco Administrator

Leave a Replay

PT VELASCO INDONESIA PERSADA

Distributor alat kapal, alat safety, dan alat industri dengan pelayanan terbaik di Jakarta Barat, Indonesia.

Hubungi kami di (021) 690 530 atau [email protected]

Artikel Terakhir

Artikel Terakhir