Lifebuoy Line Alat Keselamatan Kapal

Lifebuoy Line

Anda tentu tahu ban pelampung khusus untuk alat keselamatan kapal, yang berwarna oranye.Tapi tahukah Anda bahwa setiap ban pelampung punya tali khusus? Namanya adalah lifebuoy line. Artikel ini akan membahas detail tentang alat safety kapal yang satu ini.

Lifebuoy line adalah tali yang menempel pada ban pelampung. Alat keselamatan kapal ini punya fungsi untuk menarik kembali lifebuoy setelah dilemparkan ke korban di laut.

Alat ini punya banyak sebutan lain. Misalnya tali safety ban pelampung, tali ring buoy, buoyant line, ring buoy line, dst. Tapi semuanya mengarah ke satu produk. Yaitu tali yang terbuat dari nylon dengan diameter 8 mm dan panjang 30 mm. Warnanya oranye supaya mudah dilihat baik saat siang maupun malam hari.

 

Spesifikasi Lifebuoy Line

  • Terbuat dari bahan yang tidak tenggelam (nylon).
  • Diameter tidak kurang dari 8 mm.
  • Kekuatan putus tidak boleh kurang dari 5 kN.
  • Minimal salah satu sisinya harus dapat diikatkan pada lifebuoy line.
  • Panjang tali tidak boleh kurang dari dua kali ketinggian tempat ban dipasang ke permuakaan air laut.

Cara kerja lifebouy line sangat sederhana. Saat ada orang yang jatuh dari kapal, ban pelampung dilemparkan ke arah orang tersebut. Setelah korban itu telah memegang lifebuoy, ia dapat ditarik menggunakan tali ini.

Dalam kondisi tertentu, tali ini bisa digunakan secara independen. Tanpa perlu dikaitkan ke ring buoy. Misalnya ketika dalam kapal kecil seperti sekoci. Lalu ada korban nyaris tenggelam yang tidak terlalu jauh. Cukup lemparkan tali ini dan tarik sampai ke kapal.

 

Tali Safety Ban Pelampung Menurut SOLAS

Walau tali ini terlihat sepele, namun fungsinya sangat penting. Standar internasional tentang aturan keselamatan kapal (SOLAS) pun mengatur hal ini.

SOLAS mengatur standar jumlah dan bahan lifebuoy di kapal. SOLAS juga mengatur standar aksesoris atau alat pendukung lifebuoy yaitu lifebuoy line atau tali pelampung. Sedikitnya satu pelampung penolong di setiap sisi kapal harus dilengkapi dengan tali safety ringbuoy. Dan tali-tali ini biasanya ditemukan melingkar dan terikat erat.

 

Harga Lifebuoy Line

Untuk harga tali ini, tentu akan tergantung pada beberapa hal. Misalnya adalah pemilihan ukuran, merek, hingga jumlah quantity pembelian. Namun jangan khawatir karena kami akan memberikan harga, pelayanan dan kualitas terbaik.

VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat keselamatan kapal seperti inflatable life jacket, ban pelampung, life raft, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta.

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat pemadam kebakaran, alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang, wire rope, webbing sling, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp (081290808833) atau 021 690 5530. Bisa juga melalui email ke info@velascoindonesia.com atau sales@velascoindonesia.com

Velasco Administrator

Velasco Administrator

Leave a Replay

PT VELASCO INDONESIA PERSADA

Distributor alat kapal, alat safety, dan alat industri dengan pelayanan terbaik di Jakarta Barat, Indonesia.

Hubungi kami di (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com

Artikel Terakhir

Artikel Terakhir