0
  CONTACT US by WHATSAPP
Kekuatan Tali Baja
24
Jun
Kekuatan Tali Baja dan Faktor yang Mempengaruhinya
Jun 24, 2020By Velasco Indonesia

Wire rope atau tali baja bisa dibilang merupakan salah satu alat yang paling penting dalam industri angkat berat. Tali baja dipakai di dunia migas, perkapalan, konstruksi, otomotif, dan masih banyak lagi. Fungsinya adalah untuk mengangkat atau menarik muatan yang berat. Kekuatan tali baja bergantung pada berbagai faktor yang akan dibahas dalam artikel ini.

Kekuatan Tali Baja WLL

Nilai ukur daya angkut sebuah tali baja dihitung dan ditampilkan dalam sebuah chart dengan nilai working load limit (WLL). WLL adalah nilai batas maksimal sebuah tali baja dapat mengangkut sebuah muatan. Jadi bila disebutkan bahwa WLL sebuah tali baja tertentu adalah 5 ton, maka maksimal tali baja tersebut dapat mengangkut beban seberat 5 ton.

Setiap pembelian tali baja yang asli dan berkualitas pasti disertai dengan sertifikat dan panduan WLL. Menggunakan tali baja melebihi kapasitas WLL dapat berakibat pada rusaknya barang dan membahayakan pekerja.

Metode Lifting Mempengaruhi Kekuatan Tali Baja

Salah satu faktor yang mempengaruhi nilai kekuatan sebuah tali baja adalah seperti apa metode lifting yang digunakan. Pada dasarnya sebuah tali baja disambungkan dengan berbagai perangkat lain seperti hook, wire clip, thimble, shackle, serta masterlink. Fungsinya adalah supaya dapat mengaitkan barang yang hendak diangkut dengan mesin yang akan mengangkutnya, misalnya crane.

Ada beberapa metode yang dapat digunakan dalam aplikasi lifting. Beberapa diantaranya adalah choke hitch, direct load, dan basket hitch. Beberapa tali baja juga bisa digunakan sekaligus saat melakukan lifting. Semakin banyak tali yang digunakan, tentu semakin tinggi WLL-nya. Sudut yang terbentuk pada metode basket hitch juga mempengaruhi nilai WLL-nya.

Faktor Lain yang Mempengaruhi Kekuatan Tali Baja

Selain metode lifting seperti yang dijelaskan di atas, besaran diameter sebuah tali baja juga punya peranan besar dalam menentukan nilai WLL-nya. Semakin besar diameter tali baja, tentu semakin tinggi nilai WLL-nya.

Selebihnya faktor lain seperti grade, jenis tali baja, hingga konstruksi tali baja juga mempengaruhi. Oleh karena itu sangat penting untuk melihat panduan WLL yang tersedia setiap kali membeli tali baja asli bersertifikat. Kolom di bawah ini merupakan salah satu contoh panduan WLL sebuah wire rope grade 1770.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, kami jual tali baja kuat dan tahan lama dengan pelayanan terbaik. Kami juga jual alat safety kapal, chemical product, dan lain sebagainya. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.