0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jenis Sling Baja
26
Mar
Jenis Sling Baja Alat Rigging Serbaguna
Mar 26, 2021By Velasco Indonesia

Dunia rigging alias angkat berat memiliki berbagai alat yang diandalkan untuk mengangkat, menarik serta mengikat barang berat. Salah satunya adalah sling baja. Berikut ini akan kami jabarkan beberapa jenis sling baja yang sering dipakai sebagai alat rigging.

Sling baja alias wire rope sling dapat dikelompokan dalam beberapa golongan. Pengelompokan ini didasarkan pada perbedaaan konstruksi atau susunannya, bahan/material,

Material Sling Baja

Sling baja pastinya terbuat dari material baja. Namun sling baja punya beragam varian dengan spesifikasi yang berbeda satu sama lain. Berikut ini beberapa contoh varian sling baja yang banyak digunakan.

  • Sling baja galvanis alias galvanized wire rope. Sling baja ini melewati proses finishing dengan dilapisi zinc (seng) yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan baja terhadap karat.
  • Sling baja non-galvanis alias ungalvanized wire rope. Perbedaan galvanized dan ungalvanized wire rope ada pada finishingnya, jenis yang satu ini tidak dilapisi zinc.
  • Sling baja stainless steel. Wire rope tipe ini terbuat dari perpaduan nikel dan chromium, sehingga membuatnya tahan panas dan anti korosi.

Konstruksi Sling Baja

Berdasarkan konstruksi atau susunan strand-nya, jenis sling baja secara umum dapat dikelompokan dalam 5 (lima) jenis, yaitu:

  • Single Layer

Wire rope dengan konstruksi ini mempunyai susunan yang terdiri dari 1 (satu) wire center dan 6 (enam) wire dengan ukuran sama yang mengelilinginya. 

  • Seale

Wire rope seale terdiri dari dua layer atau lapisan yang mengelilingi core. Ukuran diameter strand layer dalam atau center lebih kecil daripada diameter strand pada layer luar atau outer yang mengelilinginya. Meskipun berbeda ukuran, tapi strand pada setiap layer jumlahnya sama.

  • Filler Wire

Wire rope filler wire punya dua layer atau lapisan, yaitu lapisan bagian dalam dan bagian luar. Strand pada lapisan luar dan dalam punya diameter yang sama. Perbedaan dengan jenis seale, jumlah strand pada layer luar berjumlah dua kali lebih banyak dari strand layer dalam. Perbedaan jumlah strand keduanya menyebabkan adanya rongga di antara kedua lapisan. Rongga-rongga ini disisipkan dengan strand-strand berdiameter kecil. 

  • Warrington

Wire rope warrington mempunyai dua lapisan. Strand pada lapisan bagian dalam mempunyai diameter yang sama dengan center. Untuk lapisan bagian luar terbagi dalam dua jenis ukuran diameter strand, besar dan kecil. Strand yang besar pada lapisan bagian luar diditempatkan di lembah antara dua strand lapisan dalam. Sedangkan, strand yang kecil mengisi kekosongan yang ada.

  • Combined

Sling baja yang satu ini mengkombinasikan dua atau lebih konstruksi tali baja di atas.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat rigging seperti wire rope sling, webbing sling, chain sling, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. 

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat safety kapal, alat lifting, tali mooring, tali tambang, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com