0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jenis Klem Sling
19
Nov
Jenis Klem Sling / Wire Clip / Kuku Macan
Nov 19, 2020By Velasco Indonesia

Klem sling adalah salah satu alat rigging yang digunakan untuk membuat mata wire rope atau tali baja. Klem sling juga punya nama lain yaitu wire clip atau kuku macan. Persisnya, alat ini berfungsi untuk menyatukan lipatan mata wire rope sekaligus sebagai pengikat agar mata wire rope tidak bergeser atau longgar. Ada beberapa jenis klem sling dengan karakteristiknya masing-masing. Karena itu kenali dulu jenis-jenisnya sebelum membeli klem sling.

Jenis Klem Sling Berdasarkan Coating atau Finishing-nya

Ada tiga jenis coating wire clip yang paling populer yaitu stainless steel, hot dip galvanized dan zinc plated. Klem sling stainless steel punya daya tahan atas korosi yang tinggi dibanding klem sling lainnya sehingga paling cocok digunakan di laut lepas.

Sementara itu, wire clip jenis hot dipped galvanized adalah wire clip yang melewati proses galvanisasi. Wire clip tipe ini cocok untuk digunakan di kegiatan outdoor, namun ketahanan akan korosinya kurang jadi sebaiknya jangan dipakai untuk perkapalan.

Selanjutnya wire clip jenis zinc plated atau wire clip yang dilapisi dengan seng juga cocok digunakan di outdoor tapi material wire clip jenis ini lebih tipis dibandingkan dengan jenis hot dipped galvanized, jadi tidak sekuat wire clip jenis hot dipped galvanized.

Jenis Klem Sling Berdasarkan Bentuknya

Secara umum ada 3 jenis wire clip berdasarkan bentuknya. Pertama adalah US forged, jenis kedua adalah heavy duty atau bulldog wire clip. Keduanya terdiri dari komponen yang sama yaitu pelana / saddle, besi berbentuk U / U-bolt, dan dua buah mur untuk mengencangkan wire clip. Perbedaannya ada pada besarnya, bulldog wire clip digunakan untuk aplikasi rigging yang lebih berat ketimbang jenis US forged.

Jenis ketiga adalah fist grip style. Berbeda dengan kedua jenis sebelumnya, wire clip fist grip ini memiliki komponen yang terdiri dari dua buah pelana / saddle yang saling dikaitkan, dan dua buah mur. Untuk lebih jelasnya tentang ketiga jenis wire clip ini, dapat dilihat pada gambar berikut ini.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, distributor klem sling berkualitas di Jakarta. Kami juga jual alat beragam alat kapal lain seperti alat rigging, wire rope dan aksesoris jangkar kapal dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.