0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jenis Alat Lifting
30
Mar
Jenis Alat Lifting untuk Kapal dan Industri Lain
Mar 30, 2021By Velasco Indonesia

Industri yang berhubungan dengan barang berat tentu membutuhkan alat lifting. Tidak hanya satu, ada banyak sekali alat lifting yang punya fungsi dan spesifikasi masing-masing untuk mengangkat barang berat. Mari kita tengok beberapa jenis alat lifting yang banyak digunakan.

  • Wire Rope

Wire rope alias tali baja atau kawat baja adalah rangkaian kawat dari baja yang dipilin sedemikian rupa mengelilingi core hingga membentuk satu rope/tali baja utuh yang sangat kuat. Beberapa variannya adalah galvanized wire rope, ungalvanized wire rope, stainless steel wire rope.

  • Webbing Sling

Webbing sling atau webbing belt adalah sebuah sabuk yang terbuat dari bahan serat sintetis seperti nilon, polyester, polypropylene atau Kevlar. Bentuknya pipih, permukaannya lembut dan lentur. Alat ini jadi andalah untuk mengangkat barang mewah yang perlu penanganan ekstra sebab webbing sling tidak merusak permukaan barang.

  • Chain / Rantai

Chain atau rantai adalah rangkaian link atau cincin mata rantai yang saling terkait dan membentuk untaian. Rantai yang digunakan sebagai alat lifting biasanya terbuat dari baja atau besi anti karat.  

  • Tali Tambang

Walau tidak sekuat wire rope, webbing sling dan rantai, tali tambang juga sering digunakan dalam aplikasi rigging, termasuk di industri perkapalan. Beberapa macam tali tambang yang sering dipakai antara lain adalah tali manila, tali nilon, tali PP, dan tali PE.

  • Wire Clip atau Kuku Macan

Wire clip adalah alat yang berfungsi untuk membuat mata sling wire rope. Perannya adalah menahan ujung wire rope sling agar tidak terlepas.

  • Chain Block

Chain block adalah mesin angkut (manual atau elektrik) yang digunakan untuk menarik mengangkat barang. Chain block terdiri dari puley (roll), roda gerigi (gear), rantai, dan pengait (hook block).

  • Chain Drum

Chain drum juga merupakan alat angkut (seperti chain block), bedanya adalah chain drum khusus dirancang untuk menangkut barang dengan bentuk drum atau sejenisnya, misalnya drum oli atau drum minyak.

  • Masterlink

Bentuknya oval atau bulat, terbuat dari material besi baja tahan karat. Fungsi masterlink adalah untuk menyatukan berbagai sling menjadi satu untuk kemudian dikaitkan ke hook dan diangkat dengan mesin seperti chain block atau crane.

  • Shackle

Shackle adalah alat yang digunakan untuk menyambung beberapa sling seperti wire rope sling, chain sling atau webbing sling, untuk kemudian dikaitkan ke hook atau ke alat lifting lain seperti chain block atau crane. Ada banyak jenis shackle seperti shackle dee, shackle omega, shackle wide type, dll.

  • Swivel / Kili-kili

Swivel adalah sebuah sambungan yang memungkinkan salah satu sisi berputar, dan sisi lainnya tidak berputar. Contoh penggunaan swivel adalah pada jangkar, berfungsi untuk mencegah rantai jangkar kusut saat terkena arus di bawah laut.

  • Turnbuckle / Jarum Keras

Turnbuckle terbuat dari besi, bentuknya panjang dan ada pengait pada kedua ujungnya. Turnbuckle berfungsi untuk mengencangkan dan mengendurkan ikatan sling, dengan cara mengatur ketegangan di bagian tengahnya.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor berbagai jenis alat lifting serta alat rigging seperti wire rope sling, webbing sling, chain sling, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta. 

Kami juga merupakan distributor alat kapal, alat safety kapal, alat lifting, tali mooring, tali tambang, dll. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com