Cara Pakai Hand Flare Alat Safety Kapal

Cara Pakai Hand Flare

Hand flare merupakan alat keselamatan yang tergolong sebagai alat keselamatan kapal jenis piroteknik sekaligus alat pemberi sinyal visual. Cara Pakai Hand Flare Alat Safety Kapal sangat mudah dan langkah-langkahnya tercantum dalam setiap kemasan hand flare.

Alat safety yang satu ini berbentuk tabung seperti pipa dengan panjang sekitar 15 – 20 cm dan berat sekitar 200an gram. Dalam tabung ini terdapat bahan kimia yang saat diaktifkan akan memicu reaksi kimia yang menghasilkan cahaya berwarna merah selama beberapa menit.

Hand flare juga ada di sekoci penyelamat dan di life raft, berfungsi agar para korban kecelakaan kapal bisa memberi sinyal darurat. Jumlahnya sebanyak enam buah hand flare, atau tergantung pada kapasitas life raft.

Cara Pakai Hand Flare, Mudah Kok!

Seperti alat keselamatan kapal pada umumnya, cara pakai hand flare ada di badan kemasannya. Tujuannya adalah supaya orang awam sekalipun bisa menggunakannya, tidak harus mengandalkan awak kapal.

  • Sebelum menyalakan hand flare, perhatikan posisi tubuh dan arah angin. Jangan sampai saat menyalakan hand flare, kalian justru akan membahayakan diri sendiri atau orang lain di sekitar.
  • Pegang hand flare dengan satu tangan, dianjurkan tangan terkuat. Tangan yang lain dipakai untuk memegang rekan lain atau pegangan lain agar tidak terjatuh.
  • Buka tutup hand flare, lalu tarik tuas yang ada di dalamnya untuk mengaktifkan flare.
  • Begitu menyala, jauhkan hand flare dari wajah. Arahkan wajah berlawanan dengan cahaya, atau jangan melihat cahaya tersebut sebab akan sangat menyilaukan.
  • Pegang hand flare sampai cahayanya mati. Jangan dibuang ke air saat sedang menyala.

Perhatikan ya! Jumlah hand flare yang disediakan di sekoci atau life raft tidak banyak. Oleh karena itu pergunakan dengan bijak dan hati-hati Cara Pakai Hand Flare Alat Safety Kapal.

Semoga bermanfaat ya!

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA adalah distributor alat keselamatan kapal. Kami jual alat piroteknik seperti man over board, smoke signal, parachute signal. Velasco Indonesia juga melayani pembelian ring buoy, rescue boat, life jacket atau jaket pelampung, life jacket light, dll, dengan pelayanan terbaik di Jakarta.

Kami juga menjual alat rigging, alat lifting, tali mooring, tali tambang dan wire rope dengan pelayanan terbaik. Lihat produk kami lainnya di sini. Semua barang yang kami jual dilengkapi sertifikat dan berkualitas. Silahkan hubungi kami lewat Whatsapp atau (021) 690 530 atau email ke info@velascoindonesia.com

Velasco Administrator

Velasco Administrator

Leave a Replay

PT VELASCO INDONESIA PERSADA

Distributor alat kapal, alat safety, dan alat industri dengan pelayanan terbaik di Jakarta Barat, Indonesia.

Hubungi kami di (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com

Artikel Terakhir

Artikel Terakhir