0
  CONTACT US by WHATSAPP
Cara Memilih Tali Baja
28
May
Cara Memilih Tali Baja Berkualitas
May 28, 2020By Velasco Indonesia

Tali baja adalah sekumpulan urat baja atau besi (wire) yang dirajut atau dipilin sehingga membentuk strand. Di berbagai jenis industri, kita akan sering menemukan penggunaan tali baja. Tali baja digunakan di pekerjaan konstruksi, elevator, kerekan tambang, konveyor, suspensi jembatan, perkapalan, pertambangan, otomotif dan sebagainya. Tali baja yang digunakan berbeda-beda untuk setiap jenis pekerjaan. Oleh karena itu dikenal istilah satu tali baja tidak dapat menyelesaikan semua jenis pekerjaan. Jadi bagaimana cara memilih tali baja yang berkualitas?

Cara Memilih Tali Baja Berkualitas: Kenali Dulu Jenis Tali Baja

Tali baja atau wire rope punya banyak jenis lho. Setiap jenis wire rope tersebut punya kekuatan, daya lentur, dan harga yang berbeda-beda. Jadi penting untuk mengetahui dulu apa saja jenis tali baja sebelum akhirnya memilih salah satunya.

  • Tali baja berdasarkan materialnya: ada3 jenis yaitu galvanized wire rope, ungalvanized wire rope, dan juga stainless steel. Perbedaan tali baja galvanized dan ungalvanized adalah adanya proses galvanisasi di galvanized wire rope, yaitu pemberian lapisan zinc.
  • Tali baja berdasarkan konstruksi tali baja: ada 5 tipe yang banyak beredar yaitu tipe single layer, seale, filler wire, warrington dan combined patterns.
  • Berdasarkan core tali baja: ada banyak jenis core namun yang paling populer adalah adalah IWRC (Independent Wire Rope Core), FC (Fiber Core), HC (Hemp Core), dan WSC (Wire Strand Core). Core dari material fiber membuat wire rope punya karakter yang lebih fleksibel, tapi working load limit-nya (WLL) lebih rendah.

Cara Memilih Tali Baja Berkualitas: Cari Tali Baja Sesuai Kebutuhan Anda

Setelah memahami jenis-jenis wire rope yang ada, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan hanya fokus pada kekuatan, tapi sesuaikan juga tingkat kelenturan, serta harganya, cari yang paling sesuai dengan industri yang Anda jalankan. Selain itu, perhatikan juga di mana Anda akan menggunakan wire rope tersebut, misalnya digunakan di laut lepas, maka pilihlah tali baja dengan material yang tahan korosi dan sinar matahari.

Untuk kekuatan tali baja, ada banyak faktor yang mempengaruhinya, mulai dari jenis tali baja, diameter, hingga metode lifting yang dipilih. Berikut ini contoh salah satu spesifikasi WLL wire rope. Dari tabel ini dapat dilihat bahwa beda diameter serta beda metode lifting akan menghasilkan nilai WLL yang berbeda pula.

Cara Memilih Tali Baja Berkualitas: Pilih Distributor yang Tepat

Terakhir dan yang tidak kalah penting adalah, pilihlah distributor tali baja yang tepat. Pastikan distributor tersebut berpengalaman dan menjual wire rope asli bersertifikat. Distributor yang baik biasanya akan membantu Anda dalam proses pemilihan wire rope yang tepat.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor wire rope berkualitas dengan pelayanan terbaik. Kami juga jual alat safety kapal, chemical product, dan lain sebagainya. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.