0
  CONTACT US by WHATSAPP
Sistem Jangkar Kapal
20
May
Cara Kerja Jangkar Kapal Laut
May 20, 2020By Velasco Indonesia

Cara kerja jangkar kapal atau sistem penambatan kapal dengan jangkar terdiri dari beberapa bagian kelengkapan atau aksesoris. Semua komponen itu memiliki peran masing-masing untuk dapat menarik dan menurunkan jangkar dengan optimal.

Cara Kerja Jangkar Kapal

  1. Bagian Jangkar: crown, shank, flukes, pins, shackles, swivel, stock, balancing band, dan ring
  2. Bagian Kabel Rantai (Chain Cable): links, kenter shackles. Peran utama dari bagian ini yaitu untuk menyediakan berat yang cukup agar memastikan jangkar diturunkan ke seabed/dasar laut secara horizontal. Dengan turun secara horizontal, jangkar akan memperoleh maximum holding force. 
  3. Bagian Tabung Jangkar (Hawse Pipe): Boster/hull dan system pembersih jangkar atau rantai. Hawse Pipe merupakan pipa atau saluran yang menghubungkan rumah jangkar ke geladak. Lubang Hawse Pipe dirancang sedemikan rupa agar jangkar mudah masuk atau keluar salah satunya yaitu dengan membuat lengkungan lubang yang cukup sehingga minim gesekan.
  4. Bagian Anchor Lashing: kabel/rantai, shackles, bottle-screws, claws. Bagian ini berfungsi untuk mengikat atau mengamankan jangkar saat berada dalam posisi stowed.
  5. Bagian Chain Stopper: guillotine bar, locking pins. Bagian ini memiliki dua fungsi yaitu sebagai pengatur arah/guide rantai untuk dapat masuk/keluar hawse pipe, dan saat menarik jangkar, bagian ini membagi berat atau bobot rantai ke struktur kapal.
  6. Bagian Windlass: cable lifter, gears, clutches, bearings, brakes, stripper bar. Ukuran rantai menentukan windlass gear yang dipakai. Untuk ukuran diameter rantai lebih dari 50 mm memerukan gear tambahan. Sedangkan untuk ukuran rantai berdiameter kecil tidak butuh.
  7. Bagian Drive Unit/System: power unit, controls, local controllers.
  8. Bagian pipa spurling (spurling pipe). Spurling pipe mengarahkan rantai dari windlass ke chain locker atau sebaliknya.
  9. Bagian Tempat Penyimpanan Rantai (Chain Locker): sistem pengaturan kabel self-stowing, sistem pengering (draining facility), dan sistem pengaman ujung rantai/sistem pengatur lepas jangkar. Dapat ditambahkan sistem untuk mengantisipasi rantai tergelincir atau slip dari tempat penyimpanan rantai.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor jangkar kapal dan peralatan kapal lainnya seperti alat keselamatan kapal, rantai jangkar, serta alat navigasi kapal dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.