0
  CONTACT US by WHATSAPP
Tips Lifting dan Rigging
07
Jan
Prinsip Dasar Serta Tips Lifting dan Rigging
Jan 07, 2019By Velasco

Lifting dan rigging merupakan aktifitas yang lumrah dilakukan pada industri konstruksi, perkapalan dan alat berat lainnya. Rigging itu sendiri merupakan aktivitas memindahkan barang berat dari satu titik ke titik lain. Aktifitas rigging mencakup lifting (mengangkat barang), lashing (mengikat barang) dan towing (menarik barang). Mari kita simak beberapa tips lifting dan rigging berikut ini.

Mengingat barang yang diangkut merupakan barang berat dan berharga, oleh karena itu penanganannya perlu diperhatikan dengan seksama. Sebab penerapan aplikasi rigging yang tidak sesuai standar dapat merusak barang serta membahayakan jiwa para pekerjanya.

Berikut ini beberapa tips lifting dan rigging:

  1. Pahami fungsi-fungsi setiap peralatan rigging.

Terdapat beragam peralatan rigging yang memiliki fungsi dan peran yang berbeda. Beberapa di antaranya adalah chain block, chain drum, masterlink, shackle, swivel atau kili-kili, turnbuckle atau jarum keras, wire clip atau kuku macan, wire rope atau kawat seling, serta tali tambang. Pahamilah fungsi setiap alat tersebut agar jangan sampai salah menggunakan alat.

 

  1. Perhatikan barang yang diangkut tidak melebihi kapasitas alat rigging.

Setiap alat rigging mempunyai jenis dan kapasitas yang berbeda-beda. Pastikan untuk mengecek terlebih dahulu apakah alat rigging yang hendak digunakan sesuai dengan beban yang akan diangkat. Sebab kelebihan muatan akan dapat membahayakan pekerja dan barang itu sendiri.

 

  1. Lakukan pemeriksaan dan perawatan alat rigging secara berkala.

Jadwalkan pemeriksaan dan lakukan perawatan rutun untuk semua peralatan rigging yang digunakan. Semua alat harus dipastikan dalam kondisi terbaik agar dapat berfungsi dengan maksimal.

 

  1. Beli alat rigging dari distributor yang terpercaya.

Kualitas alat rigging merupakan salah satu unsur penting dalam menjaga keamanan barang yang diangkut. Pastikan Anda membeli alat rigging dari distributor yang dapat diandalkan, seperti PT Velasco Indonesia Persada.

Kini Anda telah mengetahui tips lifting dan rigging yang baik. Apabila ada peralatan rigging yang Anda butuhkan, jangan sungkan untuk mencarinya di sini.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada, kami jual alat rigging untuk berbagai industri dengan kualitas tinggi dan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.