0
  CONTACT US by WHATSAPP
07
Oct
Seputar Wire Rope – Cegah Kecelakaan Kerja
Oct 07, 2017By Velasco Indonesia

Seputar Wire Rope

Velasco Indonesia Persada adalah perusahaan distributor wire rope yang terpercaya. Velasco akan berbagi ilmu seputar wire rope.Wire rope adalah elemen penting dalam proses rigging. Selain menggunakan wire rope berkualitas, kita harus tahu beberapa hal yang harus dicegah untuk menghindari kecelakaan kerja.

  • Jangan gunakan wire rope rusak. Periksa wire rope secara regular untuk memastikan keamanan. Cek wire rope dan pastikan tidak ada bekas tekukan/belitan, pengikisan, terserempet, retak, ada bekas sambungan, bekas gilasan, gepeng, berkarat atau korosi. Perhatikan dengan seksama di area thimble.
  • Wire Rope harus dilengkapi ferrule atau cincin yang mengindikasi kapasitas maksimumnya. Pastikan kapasitas beban vertikal atau di sudut 45°, dan pastikan semua operator tahu bagaimana sistem ratingnya.
  • Hindari tekukan tajam, kerutan atau gesekan. Gunakan thimble untuk meminimalisir kecelakaan. Bantalan di ujung untuk mencegah bengkokan atau putusnya wire rope dapat dibuat dengan membelah pipa berdiameter besar, atau ujung pelana.

Pastikan Wire Rope terlindungi dari Semua Benda Tajam pada Alat Berat

  • Jangan pernah tinggalkan wire rope tergeletak di tanah atau permukaan basah yang akan menyebabkan korosi dan karat.
  • Hindari melepas wire rope sling dari bawah beban angkat.
  • Jauhkan wire rope sling dari alat potong panas atau alat las elektrik.
  • Jangan membuat wire rope dari bekas rope untuk katrol.
  • Hindari menggunakan wire rope satu cabang, dengan wire rope soft eye (Tanpa thimble). Beban dapat berputar dan menyebabkan wire rope terbuka dan simpul terbuka. Gunakan wire rope thimble eye.

Jangan Melilitkan Wire Rope di Hook

seputar wire rope

Jangan sampai ada bengkokan di area sambungan.

Hindari bengkokan di area ujung mata wire rope. Bengkokan akan melemahkan area sambungan. Bengkokan di sekitar area fitting sangat tidak diperbolehkan.

Cek Sudut Wire Rope

seputar wire rope
Pastikan sudut wire rope lebih dari 45° dan lebih baik sedikit lebih dari 60°. .

 

Wire Rope Kaki Banyak.
seputar wire ropejual wire rope

Dengan mengangkat beban menggunakan 3 atau lebih wire rope, pastikan setidaknya dua dari wire rope tersebut mampu mengangkat total beban. Dengan kata lain, pertimbangkan untuk gunakan kaki banyak daripada hanya dua kaki.

Saat menggunakan wire rope kaki banyak dimana salah satu kaki lebih berat dari kaki lain, perhatikan ketegangan terutama paling penting pada beban terberat. Pada situasi ini, jangan hanya pilih wire rope berkualitas untuk kaki terberat. Hal ini disebabkan pada saat proses pengangkatan, beban dapat beralih ke kaki yang lain sehingga hitungan berat masing-masing kaki akan berubah. Jual Wire Rope Velasco Indonesia

 

Penting untuk menggunakan Thimble dan Shackle

jual wire rope
Saat menggunakan chocker hitch, ketegangan wire rope yang mengelilingi beban, dapat menyebabkan kerusakan wire rope, Gunakan thimble dan shackle untuk meminimalisir gesekan. Setiap kali dua atau lebih wire rope dipasangkan pada hook, gunakan shackle yang terpasang pada hook, baru pasang wire rope pada shackle tersebut. Ini akan mencegah kaki wire rope terpencar dari hook yang terbuka serta mecegah dua wire rope yang saling berusak saat beban terangkat.

 

Demikian informasi rigging dari Velasco Indonesia Persada. Informasi seputar wire rope, rigging, akan kami sampaikan untuk membantu anda menentukan pilihan. Velasco Indonesia Persada adalah distributor alat rigging, wire rope, shackle, thimble, chain block, chain drum dan lainnya. Silahkan email kami untuk pertanyaan atau pemesanan info@velascoindonesia.com

www.velascoindonesia.com