0
  CONTACT US by WHATSAPP
mesin jangkar kapal
05
Apr
Mesin Jangkar Kapal – Peralatan Kapal dan Jangkar
Apr 05, 2017By Velasco Indonesia

Mesin jangkar kapal adalah merupakan mesin derek jangkar yang dipasang dikapal guna keperluan mengangkat dan mengulur jangkar dan rantai jangkar melalui tabung jangkar ( Hawse Pipe ). Mesin jangkar pada saat ini banyak menggunakan tenaga penggerak listrik. Jenis mesin jangkar beragam sesuai dengan penggeraknya, posisi porosnya dan pabrik pembuatannya.

mesin jangkar kapal
mesin jangkar kapal

Mesin jangkar kapal berpenggerak tenaga uap, hidrolik dan tenaga listrik, untuk kapal yang berukuran dibawah 200 GRT dapat menggunakan mesin derek manual, yang digerakkan dengan tangan. Jenis tenaga penggerak memiliki keuntungan yang berbeda, misalnya sistem uap memiliki kemampuan yang besar dan terhindar dari bahaya tegangan pendek, namun kapal harus memiliki ketel uap, biasanya untuk kapal besar sejenis tangker. Tenaga hidrolik sangat sensitif dan tidak memerlukan unit yang besar, namun instalasi pipa hidroliknya harus terlindungi untuk mengindari kerusakan dan kebocoran, karena memiliki tekanan yang sangat besar maka apabila bocor sangat berbahaya.

Untuk mesin jangkar kapal dengan tenaga motor listrik, biasanya digunakan untuk kapal berukuran menengah, sistem ini banyak disukai oleh pemilik kapal – kapal pesia karena bersih. Namun kapal harus memiliki pembangkit listrik khusus ( Generator Khusus ) untuk penggerak mesin jangkar ( harus dipisahkan dengan instalasi listrik lain ). Tenaga penggerak tersebut dengan melalui poros cacing ( Worm Gear ) akan menggerakkan poros utama mesin jangkar, selain itu pada mesin jangkar dilengkapi sistem kopling untuk melepas dan mengaktifkan kerja tenaga penggerak dengan poros utama.

Mesin jangkar harus ditempatkan pada posisi digeladak haluan kapal sehingga memudahkan pengoperasian penurunan dan penaikkan jangkar. Pada pemasangan mesin jangkar di geladak kapal, plat geladak didaerah pondasi mesin jangkar harus diperkuat dengan penebalan plat serta konstruksi pondasi yang kuat. Mesin jangkar harus dilengkapi dengan sistem rem, untuk memperlambat putaran poros dan memberhentikan penurunan rantai jangkar dan jangkar.

Apabila mesin jangkar dilengkapi dengan chain stopper yang terpasang kuat pada forecastle deck, maka alat ini harus memiliki kemampuan beban putus 80% dari beban putus rantai. Apabila chain stopper tidak terpasang maka mesin jangkar harus dapat menahan tarikan dengan beban putus 80%, beban putus rantai dengan tanpa adanya deformasi pada peralatannya juga slip pada sistem pengeremannya. Pada saat pengetesan, mesin jangkar yang memiliki dua buah drum harus mampu mengangkat rantai jangkar yang diturunkan sepanjang 55 meter secara bersamaan dari kedalaman laut tidak kurang dari waktu 6 menit.

Untuk mesin jangkar yang terpisah antara mesin jangkar kiri dan kanan masing – masing harus mampu mengangkat rantai jangkar yang diturunkan sepanjang 82,5 meter dari kedalaman laut tidak kurang dari waktu 9 menit. Hal tersebut merupakan ketentuan dari peraturan badan klasifikasi.

Untuk melihat semua produk Velasco Indonesia, dapat mengunjungi website kami: www.velascoindonesia.com

Jika ada pertanyaan lebih lanjut, dapat menghubungi kami melalui email kami: cso@velascoindonesia.com