0
  CONTACT US by WHATSAPP
Rantai Baja
30
Aug
Mengenal Rantai Baja Alat Industri
Aug 30, 2019By Velasco

Rantai merupakan salah satu alat penting dalam berbagai industri, khususnya industri berat seperti perkapalan, bangunan, otomotif dan sebagainya. Terdapat beberapa jenis rantai sesuai dengan bahan pembuatnya, salah satu rantai yang cukup populer adalah rantai baja. Rantai ini terbuat dari logam baja, yang merupakan campuran antara logam besi (Fe) sebagai menjadi unsur dasar dengan karbon (C) sebagai unsur campuran utamanya.

 

Kandungan Rantai Baja

Grade atau tingkatan suatu rantai baja salah satunya ditentukan oleh berat kandungan unsur karbon dalam baja tersebut. Pada umumnya berkisar antara 0,2% hingga 2,1% dari berat logam baja tersebut. Karbon dalam baja berfungsi sebagai unsur penguat atau pengeras. Unsur ini mencegah terjadinya dislokasi bergeser pada kisi kristal (crystal lattice) atom besi. Peralatan pertanian seperti sabit, cangkul dan lain sebagainya merupakan contoh perlatan yang terbuat dari baja karbon atau yang dikenal sebagai baja hitam karena berwarna hitam.

Selain karbon terdapat unsur campuran lain yang umumnya ditambahkan untuk membuat baja, misalnya adalah titanium, krom (chromium), nikel, vanadium, cobalt dan tungsten (wolfram). Tingkatan dan jenis kualitas baja dapat diperoleh dengan mengkombinasikan kandungan unsur karbon dan unsur campuran lainnya.

Penambahan kandungan unsur karbon pada logam baja dapat memiliki nilai tambah dan kurang. Nilai tambahnya adalah baja yang dibuat menjadi lebih keras (hardness) dan meningkatkan kekuatan tariknya (tensile strength). Nilai kurangnya adalah baja menjadi getas (brittle) dan menurunkan tingkat keuletan atau fleksibilitasnya (ductility).

Salah satu aplikasi logam baja dalam berbagai industri berat yang sering kita temukan adalah rantai baja. Rantai jenis ini memiliki banyak kegunaan. Misalnya di kapal besar, alat ini dipakai sebagai rantai jangkar. Sementara di industri peti kemas, rantai baja dipakai untuk mengangkat dan menurunkan peti kemas.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor rantai baja berkualitas dan rantai jenis lainnya seperti rantai galvanis, dan juga rantai stainless steel dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.