0
  CONTACT US by WHATSAPP
Kekuatan Wire Rope
08
Sep
Cara Mengetahui Kekuatan Wire Rope
Sep 08, 2017By Velasco

Kekuatan wire rope berbeda-beda sesuai dengan jenisnya. Perbedaan kekuatan tersebut dapat dilihat dari diameter, grade, dan konstruksinya. Untuk dapat memperoleh manfaat maksimal dari wire rope, pastikan untuk memahami perbedaan setiap jenis wire rope sebelum melakukan pembelian. Satuan kekuatan wire rope memiliki istilah internasional yaitu working load limit (WLL) atau safe working load (SWL) dan umumnya memiliki satuan ton.

Selain diameter, grade dan kostruksi wire rope, metode penggunaan wire rope juga mempengaruhi kekuatan wire rope dalam mengangkut beban. Metode penggunaan tersebut mencakup jumlah wire rope yang digunakan dan sudut sling / sling angles saat mengangkut beban. Misalnya penggunaan single leg slings atau penggunaan wire rope satu kaki, beberapa diantaranya adalah vertical, choker, dan basket. Contoh yang lain adalah multiple leg slings atau penggunaan lebih dari satu wire rope.

Sudut sling atau sling angles juga penting untuk diperhatikan karena mempengaruhi kapasitas beban yang dapat diangkut oleh wire rope. Semakin sempit sudut sling maka semakin tinggi tekanan atau ketegangan wire rope sehingga dapat mereduksi kekuatan wire rope dalam mengangkut beban.

Kekuatan Wire Rope

Sudut sling di bawah 45° tidak direkomendasikan dan sudut sling di bawah 30° sebaiknya dihindari sebisa mungkin. Pastikan beban yang diangkut tidak melebihi kapasitas kekuatan wire rope, juga jangan terlalu pas. Hal ini penting agar wire rope bisa lebih awet.

Kekuatan wire rope berdasarkan jenis dan cara mengangkut beban dapat dilihat dalam tabel berikut ini.

Kekuatan Wire Rope

Setelah memilih wire rope yang sesuai dengan kebutuhan, pastikan wire rope tersebut dirawat dengan baik agar tahan lama dan tidak mudah rusak. Karena apabila tidak dirawat dengan baik, maka akan dapat mengakibatkan kerusakan pada barang yang diangkut serta membahayakan pekerja.

PT. VELASCO INDONESIA PERSADA menyediakan pembuatan dan pemesanan berbagai macam wire rope sling, turnbuckle, chain block, load binder. Produk wire rope yang kami jual adalah asli dan dilengkapi dengan sertifikat.

Tidak perlu ragu untuk menanyakan kepada tim support kami yang selalu siap membantu Anda di info@velascoindonesia.com