0
  CONTACT US by WHATSAPP
Jenis Alat Sinyal Kecelakaan
22
Apr
Jenis Alat Sinyal Kecelakaan Kapal
Apr 22, 2018By Velasco

Lautan memiliki area yang sangat amat luas, sehingga saat terjadi kecelakaan pada sebuah kapal, jarang ada kapal lain di dekatnya. Karena itulah sejak jaman dahulu dibuat berbagai peralatan yang berfungsi untuk memberikan sinyal dalam kondisi darurat. Terdapat beberapa jenis alat sinyal kecelakaan kapal yang umum digunakan, semua alat tersebut merupakan alat piroteknik.

Alat piroteknik merupakan alat yang menghasilkan reaksi kimia seperti nyala api, gas, asap, serta suara. Karena fungsinya tersebut, maka alat piroteknik sangat cocok untuk digunakan sebagai alat keselamatan kapal. Sebab alat piroteknik sanggup menghasilkan sinyal berupa nyala api dan asap yang dapat dilihat dari kejauhan.

Beberapa jenis alat sinyal kecelakaan yang menggunakan teknik piroteknik adalah red hand flare, man over board, rocket parachute signal, smoke signal serta line throwing. Alat-alat ini sangat penting dan harus ada pada setiap kapal. Peraturan mengenai alat-alat safety ini tertuang pada regulasi SOLAS atau Safety of Life at Sea.

Berikut ini adalah penjelasan singkat mengenai jenis alat sinyal kecelakaan yang digunakan pada kapal.

Red hand flare: flare api berwarna merah menyala yang digunakan untuk memberi sinyal pertolongan.

Man over board atau MOB: yaitu alat yang menghasilkan sinyal berupa asap berwarna oranye dan lampu putih. Alat ini dipasang menempel dengan life buoy, sehingga ketika ada yang membutuhkan pertolongan, life buoy beserta MOB dilemparkan ke arah korban di laut.

Smoke signal: sinyal bahaya berupa asap oranye. Bedanya dengan MOB, smoke signal berbentuk tabung kecil dan penggunaannya tidak digabung dengan life buoy.

Rocket parachute signal: yaitu sinyal bahaya berupa nyala api yang meluncur ke atas, seperti layaknya roket. Sengan sinyal yang lebih tinggi seperti ini diharapkan akan dapat lebih terlihat oleh kapal-kapal yang berada agak jauh dari lokasi korban.

Line throwing: alat penolong berupa roket yang menempel dengan tali. Cara menggunakannya adalah dengan mengarahkan alat ini ke korban yang berada di tengah laut. Roket yang menempel pada tali berfungsi untuk membawa tali hingga sejauh 230 meter, sehingga diharapkan korban dapat menjangkau tali yang dilempar.

Demikian beberapa jenis alat sinyal kecelakaan kapal yang wajib ada pada setiap kapal yang hendak berlayar. Sebagai alat safety, maka Anda harus membeli dari distributor yang terpercaya. Pastikan alat safety yang Anda beli memiliki sertifikat untuk menjamin kualitasnya.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor alat safety dengan pelayanan terbaik. Kami jual alat safety bergaransi merk Good Brother untuk menjamin kualitas dan keasliannya. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.