0
  CONTACT US by WHATSAPP
18
Aug
Jangkar Kapal dan Fungsi Utamanya
Aug 18, 2016By Velasco Indonesia

Jangkar Kapal dan Fungsi Utamanya

jangkar kapal

Jangkar kapal merupakan alat yang membantu kapal dalam berlabuh ke daratan atau dermaga. Jangkar kapal merupakan istilah umum yang sebenarnya terdiri dari bagian-bagian yang lebih spesifik, yaitu:

Jangkar

Jangkar kapal atau anchor merupakan alat utama yang digunakan untuk menahan kapal ke dasar perairan sehingga kapal tidak dapat berpindah tempat akibat angin, arus, atau gelombang air laut. Beberapa tipe jangkar menurut fungsinya yaitu bower anchor yaitu jangkar utama, stream anchor (jangkar arus) yaitu jangkar pembantu jangkar utama yang biasa terdapat pada kapal pelayaran besar, dan kedges anchor (jangkar cemat) yaitu jangkar yang berfungsi pada saat kapal berlabuh di dasar berpasir. Selain berdasar fungsi, bentuk jangkar juga berbeda-beda di antaranya bernama stockless anchor, danforth stock anchor, dan mushroom anchor.

Rantai jangkar

Rantai jangkar merupakan penghubung antara jangkar dengan kapal. Jangkar digerakkan oleh mesin jangkar sehingga rantai bergerak naik turun sesuai keperluan penggunaan jangkar saat itu.

Tabung jangkar

Tabung jangkar atau disebut juga hawse pipe merupakan tabung tempat lewatnya rantai jangkar untuk menurunkan jangkar. Umumnya tabung jangkar terletak di lambung kapal bagian kiri dan kanan haluan kapal hingga geladak depan. Diameter tabung jangkar disesuaikan dengan diameter rantai jangkar kapal.

Bak rantai jangkar

Bak rantai jangkar merupakan tempat penyimpanan rantai jangkar saat tidak digunakan, biasanya terletak di bagian depan kapal di sekat tubrukan dan di atas tangki haluan.

Tabung rantai jangkar

Tabung rantai jangkar merupakan tabung yang dilalui oleh rantai jangkar dan menghubungkan antara dek haluan kapal dengan bak rantai. Konstruksinya tabung ini dengan hawse pipe.

Mesin jangkar

Mesin jangkar merupakan alat penggerak yang dapat menaikkan atau menurunkan jangkar lewat rantai jangkar. Mesin jangkar dapat ditenagai oleh listrik, uap, atau hidrolik.

Tali kawat

Tali kawat merupakan alternatif rantai jangkar yang dapat digunakan pada kapal-kapal tertentu, yaitu kapal kurang dari 30 meter (menggunakan dua set tali kawat) atau kapal berukuran antara 30-40 meter (salah satu rantai jangkarnya dapat digantikan oleh tali kawat).