0
  CONTACT US by WHATSAPP
14
Aug
Alat Keselamatan Penumpang Kapal, Apa Saja?
Aug 14, 2016By Velasco Indonesia

Alat Keselamatan Penumpang di Kapal Laut

Alat-Keselamatan-Kapal

Alat keselamatan penumpang kapal yang diwajibkan ada di kapal laut menurut Konvensi Internasional Keselamatan Jiwa di Laut (International Convention for the Safety of Life at Sea – SOLAS) adalah sekoci (life boat), dewi-dewi (life boat davits), pelampung penolong bentuk cincin (ring life buoys), jaket penolong (life jackets), rakit penolong kembung (inflatable liferaft), pelempar tali penolong (line throwing appliances), dan perahu penyelamat (rescue boat). Seluruh peralatan ini diharuskan bekerja dengan baik dan siap digunakan kapan saja.

Sekoci (Life Boat)
Sekoci merupakan perahu kecil yang biasanya diletakkan di dek kapal untuk digunakan pada saat darurat. Jumlah sekoci dalam satu kapal tergantung pada jenis kapal. Sekoci dapat digerakkan dengan mesin atau dapat juga hanya dilengkapi dengan dayung. Dalam sekoci biasanya sudah tersedia perlengkapan dasar untuk hidup seperti makanan, minuman, obat-obatan, serta alat untuk memanggil bantuan pada kapal lain. Sebuah sekoci tidak boleh memuat lebih dari 150 penumpang.

Dewi-dewi (Life Boat Davits)
Dewi-dewi merupakan perlengkapan untuk menurunkan dan menaikkan sekoci dari dan ke atas kapal, karena bobot sekoci yang berat tidak mungkin dimobilisasi dengan tenaga manusia saja.

Pelampung Penolong Bentuk Cincin (Ring Life Buoys)
Pelampung ini berbentuk seperti cincin. Warna alat ini sengaja dibuat mencolok dan kontras agar mudah dilihat di laut. Alat ini dilemparkan ke laut bila ada penumpang yang jatuh ke laut (man over boat), untuk mencegah tenggelam atau terseret arus air. Pelampung ini dilengkapi dengan tali dan Holmes light yaitu lampu yang otomatis menyala saat mengapung di air untuk memudahkan penyelamat menemukan posisi penumpang yang terjatuh.

Jaket Penolong (Life Jackets)
Jaket penolong merupakan alat pelampung berupa baju yang dapat mengapung. Alat ini digunakan oleh penumpang ketika harus meninggalkan kapal secara darurat di laut, agar mudah terapung jika mereka masuk ke dalam air. Jaket ini dilengkapi dengan peluit dan lampu kecil, tujuannya agar mudah dikenali dalam proses penyelamatan.

Rakit Penolong Kembung (Inflatable Liferaft)
Alat ini biasa diletakkan di dek kapal sebagai alternatif bila sekoci gagal diturunkan pada kondisi di mana penumpang harus meninggalkan kapal.

Pelempar Tali Penolong (Line Throwing Appliances)
Pelempar tali ini merupakan alat untuk menembakkan tali dari kapal dalam situasi darurat ke daratan. Tiap buah alat ini berisi sedikitnya empat tali yang minimal dapat ditembakkan sejauh 230 meter pada cuaca tenang.

Perahu Penyelamat (Rescue Boats)
Perahu penyelamat merupakan perahu kecil yang dapat memuat kurang lebih lima orang dan digunakan untuk para penolong yang turun menyelamatkan korban yang terjatuh dari kapal.

Nah, semoga info Alat keselamatan kapal penumpang diatas dapat membantu kawan 🙂