0
  CONTACT US by WHATSAPP
Cara Pakai Wire Clip
04
May
Cara Pakai Wire Clip yang Benar
May 04, 2018By Velasco

Wire clip merupakan peralatan rigging untuk membuat mata pada wire rope atau untuk menyatukan dua wire rope. Cara pakai wire clip harus dikuasai dengan benar dan teliti agar dapat mencapai fungsi maksimal dan terhindar dari bahaya. Perlu diingat bahwa wire clip, atau sering disebut dengan kuku macan, memiliki keterbatasan sehingga jangan digunakan untuk mengangkat atau menarik beban berat.

Cara pakai wire clip yang benar adalah sebagai berikut. Pertama, ikat bagian ujung wire rope dengan duct tape atau benda lain yang sejenis. Apabila wire rope berukuran besar, bagian ujung bisa diikat dengan kawat kecil. Tujuannya adalah untuk mengencangkan bagian ujung agar tidak mudah terurai atau terkelupas.

Kedua, tentukan posisi turnback, yaitu posisi dari titik pusat mata (eye) hingga ujung wire rope. Lebih jelasnya bisa dilihat pada gambar di bawah ini. Lalu tandai pusat mata yang akan dipasang kuku macan dan tandai juga bagian ujung wire rope. Panjang turnback ditentukan dari ukuran wire rope yang Anda gunakan.

Cara Pakai Kuku Macan

Selanjutnya, tekuk wire rope pada sebuah thimble (apabila menggunakan thimble) sampai pada tanda ujung wire rope yang sudah ditentukan. Lalu pasangkan wire clip di pusat mata yang telah diberi tanda sebelumnya. Lalu pasang lagi wire clip di bagian ujung. Kalau perlu, wire clip tambahan dapat dipasang di bagian tengah. Namun jaraknya harus sama. Jumlah wire clip yang diperlukan dapat diketahui dari petunjuk tertulis yang tersedia pada kemasan. Pastikan Anda membeli wire clip asli dan bersertifikat dari PT Velasco Indonesia Persada agar dilengkapi dengan petunjuk pemasangan.

Ada istilah “don’t saddle a dead horse,” istilah ini digunakan untuk mengingat posisi pemasangan wire clip yang benar. Artinya adalah: jangan pasang wire clip dengan bagian ujung pelana sejajar dengan ujung wire rope. Agar lebih jelas, dapat dilihat pada gambar di bawah ini.

Cara Pakai Kuku Macan

Kemudian, kencangkan bagian mur wire clip untuk menahan mata wire rope pada posisinya sehingga tidak bergeser. Namun jangan sampai mur terlalu kencang karena dapat merusak wire rope. Langkah terakhir adalah lakukan uji coba. Kaitkan mata wire rope ke sebuah beban kemudian kalau diperlukan, kencangkan ulang mur wire clip sampai mendapat hasil yang ideal.

Demikian cara memasang wire clip yang benar. Pastikan Anda membeli wire clip atau kuku macan dari distributor yang terpercaya agar kualitasnya terjamin.

Penjelasan di atas dapat Anda lihat pada video berikut ini:

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor wire clip berkualitas. Kami jual shackle dan alat rigging lainnya dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.