0
  CONTACT US by WHATSAPP
cara menurunkan jangkar
13
Nov
Cara Menurunkan Jangkar, Bagaimana?
Nov 13, 2016By Velasco Indonesia
Cara menurunkan jangkar terkesan sangat mudah. Namun apakah anda benar-benar paham cara menurunkan jangkar. Agar tidak salah dan menyebabkan kerepotan yang fatal diatas kapal, maka dalam artikel ini akan dibahas tentang bagaimana cara menurunkan jangkar. Simaklah:
cara menurunkan jangkar
1. Turunkan secara perlahan jangkar anda dari atas haluan (bagian depan kapal). Pertahankan tunggangan jangkar tetap tegang pada awalnya untuk membantu anda membidik jangkarnya sampai anda merasa sudah menyentuh ke dasar. Lalu secara perlahan lepaskan tunggangan dengan kecepatan yang sama dengan pergerakan kapal. Nanti jangkar akan membuat garis lurus melintasi dasar laut, dan tidak menumpuk dalam sebuah tumpukkan yang nantinya mungkin akan tersangkut.

  • Berhati-hatilah untuk menghidari tangan atau kaki anda tersangkut di dalam tunggangan, yang bisa berakibat cedera serius. Insruksikan para penumpang dari bahayanya dan jauhkan dari anak-anak dan binatang.
  • Jangan lempar jangkar anda keluar kapal. Biarkan turun dengan perlahan untuk menghindari tersangkut dari tali anda sendiri.
  • Jangan Menjatuhkan sebuah jangkar dari buritan kapal kecuali jika sudah ada sebuah jangkar yang menahan haluan dan anda membutuhkan jangkar tambahan. Menurunkan jangkar dari buritan akan menyebabkan kapal anda terbalik.
2. Setelah 1/3 dari tunggangan sudah keluar, maka kencangkan dan biarkan kapal menjadi lurus. Kapal anda mungkin akan belok menyimpang arus atau angin seiring anda berlayar. Setelah anda telah mengeluarkan 1/3 dari total tunggangan yang sudah anda tentukan akan digunakan, maka kencangkan dan tunggu kapal untuk melurus. Hal ini akan meluruskan tunggangan yang sudah anda keluarkan dan dengan halus menempatkan jangkar ke dasar laut.

  • Jika kapal anda tidak mau melurus, maka jangkar anda hanyut dan anda perlu mencoba lagi. Pilih Lokasi lain jika memungkinkan.

3. Lanjutkan untuk menjauhkan jangkauan dan meluruskan kapalnya dua kali lagi. Longgarkan tunggangan jangkar dan biarkan seiring kapal sekali lagi hanyut ke belakang. Kencangkan sekali lagi setelah 2/3 panjang tunggangan telah dikeluarkan. Biarkan momentum kapal meluruskannya lagi dan menempatkan jangkarnya lebih kokoh. Ulangi proses ini sekali lagi, mengeluarkan sisa panjang tunggangan yang telah anda tentukan seperlunya.

4. Ikatkan jalurnya mengitari paku haluan. Ikat tunggangan jangkar secara kokoh mengitari sebuah paku haluan. Beri tarikan untuk menguji jangkar telah siap, walaupun berhati-hatilah karena akan ada aturan lebih lanjut yang akan diterangkan di bawah ini. Jikatidak, anda perlu mengulangi proses ini. Cobalah mencari lokasi yang berbeda denga kondisi yang lebih baik.

5. Periksa penjangkaran anda menggunakan titik-titik referensi. Pertama, temukan dua benda tidak bergerak di pantai, dan catat masing-masing posisi relatif mereka dari perspektif anda. (Misalnya, Sebuah pohon di depan sebuah mercusuar, atau dua buah batu karang berjarak satu ibu jari antara satu sama lain jika anda meluruskan tangan anda sepanjang lengan anda.) Beritahu jurumudi untuk menyalakan mesin dengan lembut dalam gerak mundur hingga tunggangannya melurus, lalu beri sinyal kepadanya untuk mengembalikan ke posisi netral. Kapal akan hanyuk ke posisi benda tidak bergerak dimana dua benda yang anda catat akan tampak berposisi sama relatif satu sama lain.

  • Jika kedua benda berada dalam posisi berbeda dan anda tetap berdiri di lokasi yang sama sepanjang prosedur ini, maka anda tidak terjangkar dan perlu mengulang lagi.
  • Cobalah mengatur sinyal tangan dengan jurumudi anda terlebih dahulu, daripada mencoba berteriak melintasi kapal.
6. Gunakan mesin anda untuk memberi jangkar anda pengaturan keras terakhir. Hal ini disebut “snubbing” jangkar, dan menambatkan jangkar lebih kokoh ke dasar. Beritahu jurumudi anda untuk mundur dengan kuat hingga tungganan melurus, lalu matikanlah mesinnya.

  • Periksa tahanan anda lagi ketika jurumudi anda melakukan hal ini, untuk memeriksa lagi bahwa jangkar tidak terlepas bebas.
7. Buat kompas tahanan secara teratur. Buat tahanan dari beberapa benda di sekitar anda dan catat dalam buku harian anda. Lakukan ini segera setelah anda menjangkar dan 15-20 menit setelah anda menjangkar untuk memastikan bahwa jangkar tertambat dengan benar. Terus memeriksa setiap jam atau setiap beberapa jam, tergantung berapa lama anda akan terjangkar.

  • Alat GPS sering memiliki pengaturan alarm yang memberitahu anda jika anda terbawa arus.
  • Jika anda akan tinggal bermalam, Cobalah untuk mencari setidaknya satu buah benda yang akan bersinar. Jika tidak ada, anda sebaiknya memakai unit GPS.
  • Untuk tinggal bermalam atau perhentian yang lama lainnya, Sebelumya atur rotasi pengawasan jangkar sehingga para kru dapat bergantian memeriksa untuk memastikan anda tidak terbawa arus.

Semoga dengan artikel ini anda makin mengerti bagaimana cara menurunkan jangkar.