0
  CONTACT US by WHATSAPP
Tipe Jangkar Kapal Laut
06
Apr
Tipe Jangkar Kapal Laut Terpopuler
Apr 06, 2020By Velasco Indonesia

Jangkar merupakan salah satu perlengkapan kapal yang harus ada di setiap kapal, supaya kapal dapat ditambatkan pada satu titik tanpa terpengaruh derasnya arus laut dan kencangnya angin. Jangkar yang umum dikenal biasanya berbentuk garis vertikal dengan lengan melengkung ke kiri dan kanan di bagian bawahnya. Namun ternyata banyak lho tipe jangkar kapal laut lainnya yang banyak dipakai kapal-kapal masa kini.

Tipe Jangkar Kapal Laut Stock Anchor

Stock Anchor adalah jenis jangkar kapal yang mulai dikenal sejak abad ke 19. Jangkar ini terdiri dari beberapa bagian yaitu: ring, head, kip pin, stock, balancing band, shank, arm, palm, bill, fluke. Bagian arm pada jenis ini sudah berbentuk lengkungan yang menyatu dengan tangkai atau shank.

Tipe Jangkar Kapal Laut Stockless Anchor

Stockless anchor merupakan jangkar modern yang digunakan oleh kapal-kapal besar saat ini. Disebut stockless anchor karena tidak mempunyai tongkat (stock) agar proses handling dan stowing lebih mudah. Di Indonesia, jangkar jenis ini juga disebut dengan jangkar kodok.

Jangkar jenis memiliki bagian-bagian seperti: ring, shank, balancing band, crown, shoulder, fluke, bill. Bagian lengan jangkar dapat bergerak karena ada poros di bagian shank atau tangkainya. Fungsinya adalah supaya ketika diturunkan ke dasar laut, lengan ini dapat jatuh dan mengunci permukaan laut.

Jangkar ini dirancang untuk dapat dipakai di berbagai jenis dasar laut. Berat jangkar yang tetap dan terpusat membuat jangkar ini mampu menambat di dasar laut yang keras. Cengkaraman yang baik juga membuat jangkar ini dapat menambat di dasar laut berpasir atau berlumpur.

Tipe Jangkar Kapal Laut Danforth Anchor

Jangkar ini populer digunakan di kapal boat, terutama di Amerika. Tongkat terletak pada bagian bawah dan terhubung dengan fluke. bagian ini juga dapat bergerak fleksibel karena ada poros di bagain shank. Danforth anchor cocok digunakan untuk tipe dasar laut berlumpur dan berpasir.

Tipe Jangkar Kapal Laut Danforth Anchor

Tipe Jangkar Kapal Laut CQR atau Ploughshare Anchor atau Plow

Jenis jangkar ini umumnya digunakan oleh kapal yacht dan jenis-jenis kapal kecil. Bentuknya mirip seperti alat untuk membajak sawah (karena itu dinamakan plough anchor). Ketika jangkar ini diturunkan, ia akan terbenam dan mencengkram dasar laut dengan baik.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor jangkar kapal dan peralatan kapal lainnya seperti alat keselamatan kapal, rantai jangkar, serta alat navigasi kapal dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.