0
  CONTACT US by WHATSAPP
Tambang untuk Kerang Hijau
11
Mar
Tambang untuk Kerang Hijau Berkualitas
Mar 11, 2020By Velasco Indonesia

Sebagai salah satu menu makanan laut favorit, kerang hijau banyak dicari masyarakat. Budidaya kerang hijau pun bisa dibilang tidak sulit karena jenis kerang yang satu ini tangguh sehingga bisa tumbuh di lingkungan dengan tekanan yang tinggi, dan tidak perlu diberi pakan. Tali tambang untuk kerang hijau merupakan salah satu tempat tumbuhnya kerang ini.

Selain mudah dikembangbiakkan, kerang hijau juga punya banyak manfaat. Selain untuk santapan manusia, kerang juga merupakan bahan baku makanan ternak, ikan serta lobster.

Bidang usaha budidaya kerang hijau terbagi menjadi tiga aktivitas. Pertama adalah kegiatan mengumpulkan benih kerang hijau (spat) dari alam. Benih tersebut kemudian dapat dijual dan dikirim ke tempat pembesaran. Aktivitas kedua adalah pembesaran kerang hijau dari benih sampai panen. Terakhir adalah usaha budidaya yang lengkap, mulai dari mengumpulkan benih hingga pembesaran dilakukan di tempat yang sama.

Tali Tambang untuk Kerang Hijau : Pengumpulan Benih

Benih kerang hijau, disebut juga dengan spat, berasal dari alam. Namun untuk dapat mengumpulkannya, dibutuhkan media tempel yang sesuai, umumnya yang memiliki karakter keras dan kasar. Tempat bagi spat tersebut untuk menempel disebut dengan kolektor.

Terdapat beberapa contoh alat yang dapat digunakan sebagai kolektor, beberapa diantaranya adalah tali tambang, bambu, kayu dan asbes. Penggunaan tali tambang dan bambu untuk kerang hijau paling banyak dipakai. Biasanya dibangun keramba dari bambu yang kemudian diikat tali tambang pada bagian bawahnya untuk menjadi tempat mengumpulkan spat.

Tali Tambang untuk Kerang Hijau: Pembesaran Benih

Tahapan selanjutnya setelah mengumpulkan benih adalah pembesaran. Tahapan ini dapat dilakukan di tempat yang sama, atau berbeda. Apabila pembesaran dilakukan di area berbeda, maka benih kerang hijau harus diangkat dan dimasukkan ke kotak Styrofoam, kemudian dilapisi busa atau karung basah. Setelah sampai lokasi pembesaran, benih dimasukkan ke dalam kantong benih, lalu letakkan dulu di kolam aklimatisasi sebelum akhirnya dilakukan pembesaran.

Pemeliharaan benih kerang hijau dapat dilakukan dengan 4 metode yaitu metode tancap, metode rakit, metode rak, dan metode tali rentang. Keempat metode tersebut menggunakan tali tambang untuk tempat tumbuhnya kerang hijau. Karena itu, kegunaan tali untuk budidaya kerang hijau sangat amat penting.

Silahkan kontak PT Velasco Indonesia Persada, kami jual berbagai jenis tali tambang berkualitas, seperti tali manila, tali nilon, tali PE dan tali PP. Hubungi (021) 690 530 atau info@velascoindonesia.com. Atau lihat produk kami lainnya di sini.