0
  CONTACT US by WHATSAPP
Tali Tross dan Tali Spring pada Kapal
16
Oct
Tali Spring Kapal dan Tali Tross Jakarta
Oct 16, 2017By Velasco

Tali spring kapal digunakan untuk mengikat kapal saat bersandar di dermaga. Keduanya juga sering disebut dengan tali tambat. Terdapat berbagai macam sistem tambat (mooring system) atau cara menambatkan kapal di dermaga, namun umumnya menggunakan sistem  seperti pada gambar di bawah ini. Tali tross adalah tali untuk menahan bagian depan dan belakang kapal, sementara tali spring digunakan untuk menahan bagian tengah kapal. Di antara tali tross dan tali spring biasanya terdapat tali breast agar kapal semakin mantap bersandar di dermaga.

Tali Tross dan Tali Spring pada Kapal

Head Rope / Bow Stern / Tross Muka: yaitu tali di bagian depan kapal yang berfungsi untuk menahan kapal agar tidak bergerak mundur.

Forward Breast Rope: berada di antara tross muka dan spring muka, berfungsi untuk menahan bagian depan kapal agar tidak keluar.

Forward Spring Line / Fore Spring / Spring Muka: berada di bagian tengah depan kapal, memiliki fungsi untuk menahan kapal agar tidak maju.

After Spring Line / Back Spring / Spring Belakang: berada di bagian tengah belakang kapal, memiliki fungsi untuk menahan kapal agar tidak mundur.

After Breast Rope: berada di antara tali spring belakang dan tali tross belakang, berfungsi untuk menahan begian belakang kapal agar tidak membuka keluar.

Stern Rope / Tross Belakang: berada di paling belakang kapal, berfungsi untuk menahan kapal agar tidak maju ke depan.

Jenis tali yang digunakan sebagai untuk menambat pada kapal perlu memiliki kekuatan yang besar karena harus dapat menahan dan menarik kapal. Selain itu, tali tersebut juga sebaiknya memiliki daya lentur yang baik, tahan air dan dapat terapung. Tali dengan spesifikasi seperti ini umumnya ditemukan pada serat sintetis.

Silahkan kontak kami PT Velasco Indonesia Persada sebagai distributor tali spring kapal, tali multi, tali mono, tali tambang, tali manila, tali PE serta peralatan teknik lainnya dengan pelayanan terbaik. Hubungi (021) 690 530 atau whatsapp atau info@velascoindonesia.com. Lihat juga produk kami lainnya di sini.